Menteri PUPR Singgung Soal Stadion Standar FIFA Dipakai Konser Blackpink

Rabu, 05 April 2023 - 14:02 WIB
loading...
Menteri PUPR Singgung Soal Stadion Standar FIFA Dipakai Konser Blackpink
Konser Blackpink di GBK. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyinggung soal Blackpink, grup band asal Korea Selatan, yang menggelar konser di stadion sepak bola. Padahal arsitektural stadion sudah memenuhi standar untuk penyelenggaraan Piala Dunia .



Pandangan itu disampaikan Basuki saat menjelaskan kondisi dan kesiapan stadion untuk perhelatan kejuaraan dunia sepak bola U-20 yang belum lama dibatalkan oleh FIFA.

"Jadi menurut saya (untuk Piala Dunia) sangat oke (kondisi stadion), kecuali kalau dipakai untuk (konser) Blackpink lagi," ujar Basuki usai raker bersama Komisi V DPR RI, dikutip Rabu, (4/4/2023).

Lebih lanjut Basuki menjelaskan, sebetulnya kondisi stadion untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20 sudah 100% siap. Bahkan FIFA juga sudah melakukan peninjauan untuk pemenuhan standar stadion yang dibutuhkan, hasilnya sudah disetujui oleh FIFA.

Menurutnya sebanyak 20 stadion sudah disiapkan untuk mendukung penyelenggaraan piala dunia U-20. Terdapat lima stadion utama, dan masing-masing stadion utama memiliki empat stadion latihan.

"Stadion utama ini kan dulu juga sudah kita siapkan untuk Asian Games. Jadi ini pada saat U-20 hanya diupgrade sesuai dengan FIFA. Anggarannya cuma Rp155 miliar. Itu sudah selesai semua," lanjut Menteri Basuki.

Perbaikan tersebut di antaranya meliputi lampu tambahan, perbaikan rumput, dan lainnya yang berkaitan dengan arsitektural serta lightingnya dan pengerjaan sudah selesai untuk 20 stadion tersebut pada 31 Maret lalu.



"Perbaikan stadion itu sudah ditinjau oleh FIFA dan sudah oke. Jadi menurut saya kalo (digunakan) untuk U-17 sangat oke," pungkas Menteri Basuki.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2616 seconds (0.1#10.140)