BUMN Karya Sakit, Erick Thohir: Investasi Jangka Panjang, Jangan Didanai dengan Pendek

Kamis, 13 April 2023 - 07:58 WIB
loading...
BUMN Karya Sakit, Erick Thohir: Investasi Jangka Panjang, Jangan Didanai dengan Pendek
Terkait permintaan penambahan PMN buat BUMN Karya, Erick Thohir mengatakan, infrastruktur yang digarap merupakan investasi jangka panjang sehingga pendanaan yang diperoleh juga harus bersifat jangka panjang. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan, proyek infrastruktur yang digarap BUMN Karya merupakan investasi jangka panjang. Sehingga pendanaan yang diperoleh juga harus bersifat jangka panjang.Salah satu sumber pendanaan proyek infrastruktur yang didapatkan BUMN Karya berasal dari Penyertaan Modal Negara (PMN) .

"Saya tidak mau menyalahkan siapa-siapa, tidak mungkin yang namanya proyek infrastruktur jangka panjang, didanai dengan jangka pendek," ungkap Erick Thohir kepada wartawan, dikutip Kamis (13/4/2023).



Kementerian BUMN memang berencana mengajukan tambahan Penyertaan Modal Negara (PMN) tahun anggaran 2023 sebesar Rp25 triliun kepada Komisi VI DPR RI. Anggaran segar ini nantinya dialokasikan untuk pendanaan sejumlah perusahaan pelat merah di sektor konstruksi.

Alasan utama BUMN karya perlu memperoleh PMN tambahan sebesar Rp25 triliun, lantaran total dividen perseroan negara tahun ini diproyeksi melebihi target pemerintah yakni Rp80 triliun.



Selain PMN, Erick mengatakan pendanaan juga bisa didapatkan dari Indonesia Investment Authority (INA). Dari skema tersebut, perseroan bisa memasifkan investasinya.

"Selain ada suntikan APBN, PMN, tetapi juga kita bekerja sama dengan INA. Ini yang kita mulai investasi di jalan tol yang dipunyai oleh BUMN," ucapnya.

Menurutnya, posisi BUMN Karya sangat strategis lantaran mengerjakan proyek strategis nasional (PSN) di sektor infrastruktur. Karena itu, program yang dijalankan harus mendapat dukungan pendanaan dari pemerintah.

"Ya jadi begini saya sudah sampaikan bahwa BUMN Karya ini kita lakukan restrukturisasi total. Kalau kita lihat, kalau ditanya apakah BUMN karya ini bermanfaat? bermanfaat buat kita. Buktinya apa, percepatan pembangunan jalan tol," tutur dia.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1648 seconds (0.1#10.140)