TSM Technologies Produksi Alat Deteksi Dini Kanker Payudara

Jum'at, 21 April 2023 - 12:53 WIB
loading...
TSM Technologies Produksi Alat Deteksi Dini Kanker Payudara
Bexa, alat deteksi dini kanker payudara yang diproduksi TSM Technologies saat dipamerkan di pameran Hannover Messe (HM) 2023 yang digelar di Hannover Fairgrounds, Jerman.
A A A
JAKARTA - TSM Technologies, perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia, mendesain dan memproduksi Bexa, suatu perangkat deteksi dini kanker payudara . Ini adalah pertama kalinya suatu perangkat medis elektronik didesain dan diproduksi di Indonesia.

Dalam keterangan tertulisnya, Jumat (21/4/2023), kanker payudara adalah kanker paling umum yang dialami oleh perempuan di seluruh dunia, dengan jumlah sebanyak sekitar 2,3 juta kasus yang terdiagnosis setiap tahunnya. Deteksi dini sangat krusial untuk mempercepat proses pengobatan dan pemulihan.

Meskipun demikian, masih banyak perempuan di negara berkembang yang tidak mempunyai akses ke fasilitas pemeriksaan yang memadai. Bexa adalah perangkat yang bersifat non-invasif, non-radiasi, sangat akurat, berbiaya rendah, dan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang dirancang untuk membantu mengatasi permasalahan ini.

(Baca juga:Bra Kawat Picu Kanker Payudara, Benarkah?)

Perangkat ini mudah digunakan dan dapat dioperasikan oleh tenaga kesehatan profesional dengan pelatihan minimal. Teknologi inovatif Bexa memanfaatkan kecerdasan buatan dalam mendeteksi perubahan halus pada jaringan payudara, sehingga mampu memberikan hasil diagnosis lebih dini serta lebih akurat.

Dalam pameran Hannover Messe (HM) 2023 yang digelar di Hannover Fairgrounds, Jerman, Presiden Joko Widodo menyebutkan, tema Making Indonesia 4.0 sangat relevan bagi Indonesia yang sedang melakukan transformasi ekonomi melalui inovasi dan teknologi.

“Saat ini Indonesia menjalankan dua strategi besar, yaitu hilirisasi industri serta ekonomi hijau,” tutur Presiden Joko Widodo.

(Baca juga:Cara Sederhana untuk Cegah Kanker Payudara)

Dalam perhelatan teknologi industri tingkat internasional tersebut, TSM Technologies dengan bangga memperkenalkan salah satu produk andalannya, Bexa. “Penerapan industri 4.0 pada sektor industri manufaktur terbukti dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi, yang pada akhirnya dapat mengakselerasi daya saing industri serta berujung pada mendorong pertumbuhan ekonomi nasional," kata Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier.

Founder dan CTO TSM Technologies, Sam Ali mengaku sangat bangga dapat merancang dan menjadi produsen Bexa yang dapat memberikan solusi yang terjangkau dan efektif untuk deteksi dini kanker payudara di Indonesia dan di seluruh dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2108 seconds (0.1#10.140)