Profil Jerome Powell, Kepala Bank Sentral AS yang Baru Kena Prank Orang Rusia

Selasa, 02 Mei 2023 - 14:55 WIB
loading...
Profil Jerome Powell, Kepala Bank Sentral AS yang Baru Kena Prank Orang Rusia
Gubernur Federal Reserve alias The Fed, Jerome Powell menjadi salah satu tokoh sentral dalam perekonomian AS, berikut profil dan sepak terjang Bos Bank Sentral AS itu. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Gubernur Federal Reserve alias The Fed , Jerome Powell menjadi salah satu tokoh sentral dalam perekonomian Amerika Serikat (AS) di tengah ancaman krisis yang membayangi Negeri Paman Sam -julukan AS-. Berikut profil dan sepak terjang Gubernur Bank Sentral AS itu.



Powell merupakan orang dari Partai Republik, sama dengan Donald Trump. Ia merupakan mantan eksekutif di Carlyle Group, salah satu lembaga keuangan yang bermarkas di Washington.

Setelah keluar dari Carlyle, alumnus Princeton University itu pada 2010 masuk ke Pusat Kebijakan Bipartisan, sebuah lembaga think tank di Washington. Pada 25 Mei 2012, ia diminta oleh Barack Obama untuk menjadi anggota Dewan Gubernur Federal Reserve.

Pria kelahiran Washington DC pada 4 Februari 1953 ini, dipercaya menyetir The Fed sejak 2018. Ia merupakan Ketua Federal Reserve ke-16 yang mulai menjabat pada Februari 2018. Ia dicalonkan oleh Presiden Donald Trump dan disetujui oleh Senat Amerika Serikat.



Powell mendapat gelar S1 politik dari Universitas Princeton tahun 1975 dan Juris Doctor dari Georgetown University Law Center tahun 1979. Ia mengawali karier di perbankan investasi pada tahun 1984 dan sejak saat itu bekerja di sejumlah lembaga keuangan.

Ia sempat menjabat sebagai Wakil Menteri Keuangan Bidang Keuangan Dalam Negeri pada masa pemerintahan George H. W. Bush tahun 1992. Powell merupakan peneliti tamu di Bipartisan Policy Center pada tahun 2010 sampai 2012. Ia pernah menjabat sebagai anggota Dewan Gubernur Federal

Powell sendiri sejatinya merupakan seorang pengacara bukan ekonom PhD seperti Yellen dan dua pemegang jabatan Bos The Fed sebelumnya Ben Bernanke dan Alan Greenspan.

Namun Powell dengan cepat belajar dan dengan sadar menghabiskan banyak waktu bersama staf dan kolega untuk belajar sedalam dan setulus mungkin. Selain latar belakangnya bukan ahli ekonomi, Powell juga sempat diragukan karena ia seorang pengusaha.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1802 seconds (0.1#10.140)