Naik 148%, RAJA Bukukan Laba Bersih Rp83,7 Miliar

Selasa, 02 Mei 2023 - 12:00 WIB
loading...
Naik 148%, RAJA Bukukan Laba Bersih Rp83,7 Miliar
Rukun Raharja (RAJA) melaporkan kinerja keuangan. FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAKARTA - PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) sukses mencatatkan kinerja positif pada triwulan pertama pada 2023. Perusahaan berhasil membukukan laba bersih sebesar USD5,7 juta atau setara Rp83,7 miliar naik 148% dibandingkan laba periode yang sama tahun lalu sebesar USD2,3 juta.

Berdasarkan laporan perusahaan, kenaikan tersebut didukung pendapatan yang tumbuh 34% dari USD27,6 juta menjadi USD37 juta pada triwulan I 2023. Direktur Utama Rukun Raharja , Djauhar Maulidi mengatakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi kenaikan kinerja keuangan perseroan.



Seperti kenaikan penjualan gas, kenaikan tolling fee baik dari pipa gas Perseroan yang tersebar di beberapa kota di Indonesia, hingga pipa minyak mentah Rokan yang sudah full stream, sehingga dapat memberikan kontribusi pada triwulan pertama tahun ini.

"Selain dari eksisting bisnis, kenaikan pendapatan ini juga merupakan kontribusi dari bisnis baru Perseroan yaitu oil and gas services," ujar Djauhar melalui siaran pers, Selasa (2/5/2023).

Sementara, Direktur Keuangan Rukun Raharja Oka Lesmana mengatakan laba bersih tahun ini bahkan menempati angka paling tinggi jika dibandingkan dengan laba bersih dalam periode sama tiga tahun terakhir.



Adapun kenaikan tersebut tidak hanya dipengaruhi penjualan bersih yang meningkat namun juga dipengaruhi beberapa hal lain seperti penurunan biaya GA Expenses Perseroan.

"Kemudian juga kontribusi dari investasi pada hulu migas yang cukup tinggi dampak dari harga minyak mentah dunia yang cukup tinggi pada triwulan pertama tahun ini," tutur Oka.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1776 seconds (0.1#10.140)