Dorong Kepemimpinan Transisi Energi ASEAN dengan Energi Surya

Kamis, 04 Mei 2023 - 20:02 WIB
loading...
A A A
"Banyak dorongan yang menunggu tanggapan EBTKE mengenai ekspor listrik di saat pemerintah ingin mendorong penggunaan dalam negeri. Dalam hal ini dorongan industri dalam negeri harus tetap ada dan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) harus disikapi dengan bijaksana. Agenda ini menjadi bagian yang resmi dalam Keketuaan Indonesia khususnya dalam sektor energi," ungkapnya.

Mengangkat tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth", Indonesia tahun ini mengemban tanggung jawab dalam Keketuaan ASEAN 2023 untuk mewujudkan ASEAN yang penting, relevan, dan bertumbuh secara ekonomi dalam kawasan dan dunia. Dalam mendukung dan memperkuat sustainability sebagai salah satu pilar utama Keketuaan ASEAN 2023, industri energi surya dalam kawasan ASEAN perlu didorong untuk ketahanan energi regional, termasuk menyediakan rantai pasok yang tangguh untuk industri Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang terintegrasi di dalam negara kawasan ASEAN. Hal ini tentunya menjadi momentum yang tepat bagi Indonesia untuk memprakarsai gerakan kolaborasi energi surya dalam keketuaan ini.

Mada Ayu Habsari, Ketua Organizing Committee Indosolar Expo 2023 menginginkan acara ini lebih hidup, karena acara ini sudah dilakukan beberapa tahun terakhir, akan tetapi gaungnya tidak sebesar yang diharapkan.

"Kami berharap agenda Indosolar Expo yang diadakan pada tahun 2023 ini akan menjadi agenda yang lebih besar dengan menjadi bagian dalam Keketuaan ASEAN 2023 dalam bentuk ASEAN Solar Summit, sehingga memiliki gangung secara regional di kawasan ASEAN," ungkapnya.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1044 seconds (0.1#10.140)