IIGCE 2023 Dorong Optimalisasi Pengembangan Panas Bumi

Kamis, 11 Mei 2023 - 23:12 WIB
loading...
IIGCE 2023 Dorong Optimalisasi Pengembangan Panas Bumi
IIGCE 2023 jadi momentum mendorong optimalisasi pengembangan panas bumi. FOTO/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Asosiasi Panas Bumi Indonesia (API) kembali menyelenggarakan acara tahunan industri panas bumi The 9th Indonesia International Geothermal Convention & Exhibition ( IIGCE ) 2023. Gelaran acara tersebut diharapkan mampu mendorong panas bumi di Indonesia.

"Pemerintah senantiasa memberikan dukungan bagi pengembangan panas bumi serta mengajak para investor, akademisi profesional dan masyarakat luas untuk secara bersama-sama mendukung pengembangan sektor panas bumi," ujar Direktur Jenderal Energi Baru dan Terbarukan, Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana dalam sambutannya di acara IIGCE 2023, di Jakarta, Kamis (11/5/2023).

Dia mengatakan Kementerian ESDM melalui Ditjen EBTKE terus menjalin sinergi dengan berbagi pihak yang terlibat terutama dengan API yang selama ini telah menjadi partner penting dalam pengembangan panas bumi di Indonesia.



Inisiatif untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya panas bumi harus dilakukan sedini mungkin, untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang potensi energi panas bumi di Indonesia dan bagaimana kita dapat mengoptimalkan sumber daya ini untuk memenuhi kebutuhan energi yang berkualitas tinggi dan berkelanjutan.

Melalui IIGCE diharapkan dapat memberikan manfaat untuk memperkuat komitmen Indonesia dalam pengembangan panas bumi di Indonesia serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan di sektor panas bumi. Di samping itu juga meningkatkan investasi dan memperkuat jaringan hubungan internasional.

Ketua Pelaksana IIGCE 2023 Dion Murdiono mengatakan bahwa IIGCE 2023 menjadi momentum untuk memfokuskan kembali pada pengoptimalan panas bumi di Indonesia sehingga dapat mengurangi ketergantungan energi fosil dan dapat meningkatkan kemandirian energi.



Sementara, Ketua Umum API, Prijandaru Effendi menyampaikan bahwa API berkomitmen untuk memainkan peran aktif dalam pengembangan sektor panas bumi di Indonesia. API akan terus bekerja sama dengan pemangku
kepentingan untuk pengembangan proyek panas bumi, berbagi praktik terbaik dan kebijakan yang mendukung pengoptimalan sumber daya panas bumi di Indonesia.

"IIGCE adalah bentuk implementasi nyata komitmen API sebagai wadah untuk ikut mendukung pengembangan panas bumi di Indonesia," kata dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1920 seconds (0.1#10.140)