MNC Asset Management Luncurkan Reksa Dana Berbasis SBN

Jum'at, 08 April 2016 - 17:15 WIB
MNC Asset Management Luncurkan Reksa Dana Berbasis SBN
MNC Asset Management Luncurkan Reksa Dana Berbasis SBN
A A A
JAKARTA - MNC Asset Management resmi meluncurkan produk reksa dana baru bernama Reksa Dana MNC Dana SBN (Surat Berharga Negara) untuk menjadi produk pertama dari MNC Asset Management berbasis SBN. Produk ini merupakan solusi dengan keluarnya Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 1/POJK.05/2016 di mana Lembaga Jasa Keuangan Non-Bank memiliki kewajiban untuk pemenuhan investasi pada SBN.

"Produk ini dikemas dalam bentuk reksa dana dengan nilai penempatan awal yang terjangkau dibandingkan jika investor membeli langsung SBN pada saat lelang atau melalui pasar sekunder," ujar Direktur Utama MNC Asset Management Frery Kojongian saat lauching di Gedung MNC Financial Center, Jakarta, Jumat (8/4/2016).

Lanjut dia, produk ini diluncurkan dengan Nilai Aktiva Bersih (NAB) sebesar Rp1.000 pada tanggal 8 April 2016, sebagai alternatif investasi pada reksa dana pendapatan tetap bagi masyarakat luas. Selain itu, produk ini merupakan reksa dana kategori pendapatan tetap dengan alokasi seluruh investasi di tempatkan pada SBN yang menjadikan produk ini memiliki risiko yang sangat rendah.

"Dengan dikeluarkannya POJK ini, kami sangat mengetahui bahwa di sini ada kebutuhan dari para investor terhadap produk reksa dana SBN. Dan kami juga menjadi manager investasi pertama yang meluncurkan produk reksadana SBN tahun ini," imbuhnya.

Dia menambahkan saat ini sudah ada 5 dana pensiun (Dapen) yang menjadi nasabah produk tersebut. Diantaranya yakni Dapen PGI, Dapen GPIB, Dapen BPK Penabur, Dapen Galva, dan Dapen LAI. Frery mengatakan, produk reksa dana SBN memang sangat cocok untuk nasabah institusi seperti dapen dan perusahaan asuransi. Pasalnya jenis reksadana ini merupakan reksadana yang paling aman bahkan bisa dibilang zero risk.

"Meski fokus ke nasabah institusi, kami membuka peluang lebar bagi nasabah individu yang ingin berinvestasi reksa dana yang aman. Dirinya menargetkan asset under management (AUM) dari produk tersebut hingga akhir tahun sebesar Rp100 miliar," tukasnya

Sebagai informasi MNC Dana SBN telah mendapatkan pernyataan efektif dari OJK sejak 31 Maret 2016. Produk tersebut ditujukan bagi nasabah yang ingin mendapatkan investasi dengan tingkat pertumbuhan dan tingkat pengembalian yang menarik dengan tingkat risiko yang serendah mungkin.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4466 seconds (0.1#10.140)