Tips Percantik Hunian Saat Lebaran

Rabu, 29 April 2020 - 09:47 WIB
loading...
A A A
Karpet yang penuh debu hanya akan membuat tamu Anda tak nyaman. Apalagi sofa yang kotor dan banyak terkena noda. Bersihkan debu karpet dengan alat penyedot debu dan jamur sebentar di bawah sinar matahari untuk menghilangkan serangan-serangan kecil yang mengganggu. Untuk sofa, jika tidak sempat memanggil tukang pembersih sofa, maka bersihkan seperlunya dengan lap lembab. Jika banyak noda yang tidak bisa hilang, tutupi sofa dengan kain cantik bernuansa etnik.

4. Jaga Kebersihan Tiap Ruangan

Walau pembantu sedang tidak ada, bukan berarti lantai absen dari pel dan sapu. Pastikan Anda tetap membersihkan lantai setiap hari. Apalagi jika tamu akan membuka alas kaki masuk ke rumah. Untuk tetap menjaga kebersihan ruangan, jangan lupa sediakan keset di depan pintu dan tempat sampah yang cukup terlihat. Setelah perangkat besar bersih, jangan lupa singkirkan debu dari permukaan pajangan, TV, keramik, kulkas, lemari, komputer, dan kasa-kasa jendela.

5. Atur Ulang Penataan Rumah

Menerima tamu, apalagi dalam jumlah besar seringkali memerlukan penataan yang berbeda di dalam rumah. Atur kursi-kursi dan meja sehingga para tamu bisa nyaman bergerak. Letakkan beberapa meja kecil untuk kudapan yang bisa diisi dengan kue-kue kering atau permen. Perkirakan jumlah tamu yang datang berbarengan. Jika jumlah kursi tidak mencukupi, siapkan setting ruangan dengan gaya lesehan. Pastikan karpet yang digunakan sudah bebas dari debu.

6. Siapkan Tempat untuk Shalat

Siapkanlah tempat khusus untuk tamu menjalankan ibadah, jika rumah Anda dilengkapi dengan ruang kecil untuk shalat, tentunya tidak perlu repot menyiapkannya. Tapi jika tidak, Anda bisa menggunakan kamar salah satu anggota keluarga sebagai tempat untuk beribadah. Rapikan tempat tidur, karpet, meja rias, serta perabot lain di dalamnya. Sediakan beberapa sajadah, sarung, dan mukena bersih.

7. Bunga dan Pengharum Ruangan

Meletakkan bunga segar dalam ruangan akan membuat rumah Anda lebih wangi dan menyegarkan. Pilih bunga yang menyebarkan harum menyenangkan seperti sedap malam, anyelir, krisan, aster, atau letakkan melati dalam jumlah banyak dalam satu mangkuk cantik. Jika tidak sempat membeli bunga anda bisa menyemprotkan pengharum ruangan. (aprilia S Andyna)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1593 seconds (0.1#10.140)