Jangan Terlewat! Pemerintah Buka 1 Juta Formasi ASN pada 2023

Rabu, 17 Mei 2023 - 21:15 WIB
loading...
Jangan Terlewat! Pemerintah Buka 1 Juta Formasi ASN pada 2023
Pemerintah buka lowongan ASN di tahun ini. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pemerintah akan membuka 1 juta formasi calon aparatur sipil negara (CASN) yang terdiri dari calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di tahun 2023.



Kepala Biro Data, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Mohammad Averrouce mengatakan, saat ini proses rekrutmen CASN masih pada tahapan finalisasi.

“Rencana kebutuhan ASN pusat dan daerah sejumlah 1,03 juta, terdiri dari CPNS dan PPPK yang masih proses finalisasi sejalan proses validasi yang saat ini dilakukan terhadap usulan instansi pusat dan daerah,” ujar Mohammad kepada MNC Portal Indonesia, Rabu (17/5/2023).

Sebelumnya, Mohammad mengatakan, kementerian/lembaga (k/l) dan pemerintah daerah (pemda) telah selesai mengajukan kebutuhan jumlah dan jenis jabatan aparatur sipil negara (ASN) 2023. Pengajuan tersebut telah dilakukan melalui aplikasi e-Formasi.

Saat ini tahapan rekrutmen 2023 pun sudah masuk ke tahapan validasi. Proses validasi ditargetkan selesai pada Mei 2023.

Sehingga proses rekrutmen ASN bisa dilanjutkan ke tahapan berikutnya bila proses validasi telah rampung. Informasi terkait pendaftaran pun akan disampaikan setelah proses validasi dan penetapan kebutuhan.

Mohammad mengimbau masyarakat untuk selalu memantau situs ataupun media sosial resmi milik instansi pemerintah untuk mendapatkan informasi terkini tentang rekrutmen ASN 2023. Seluruh informasi terkait pengadaan ASN akan dimuat di website, media sosial, dan kanal komunikasi resmi milik Kementerian PANRB, Badan Kepegawaian Negara, K/L dan Pemda.



“Kami juga sampaikan masyarakat untuk selalu berhati-hati dan tidak mudah percaya dengan informasi terkait kemudahan kelulusan menjadi ASN, baik PNS maupun PPPK,” pungkasnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1097 seconds (0.1#10.140)