Mengungkap Kunci di Balik Capaian Kinerja Keuangan PLN, Laba Bersih Tembus Rp14,4 Triliun

Rabu, 17 Mei 2023 - 21:37 WIB
loading...
Mengungkap Kunci di Balik Capaian Kinerja Keuangan PLN, Laba Bersih Tembus Rp14,4 Triliun
Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengungkap, kunci yang membuat PLN berhasil mencatatkan laba bersih Rp14,4 triliun sepanjang 2022 untuk menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah perusahaan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT PLN (Persero) berhasil mencatatkan laba bersih Rp14,4 triliun sepanjang 2022, dimana lebih tinggi 124% dibandingkan target pemerintah yakni Rp6,4 triliun. Raihan keuntungan itu merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah perusahaan.



Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, laba bersih tahun lalu merupakan angka fantastik dan menggambarkan perjuangan insan PLN.

"Ini adalah angka yang fantastik yang menggambarkan perjuangan insan PLN. Ini adalah berkat, yang di balik itu semua ada kerja keras, dedikasi, loyalitas dan pengorbanan insan PLN," ujar Darmawan dalam wawancara dengan MNC Media, ditulis, Rabu (17/5/2023).



Menurutnya, kinerja keuangan PLN 2022 membawa perusahaan menjelma menjadi perusahaan kelas atas (top tier company). Sebab revenue dan performa perusahaan mengalami pertumbuhan signifikan.

"Artinya PLN sudah bergeser dari yang dulunya masih medium class company, sekarang telah menjelma menjadi top tier company," ucapnya.

Darmawan mengaku kinerja PLN tidak lepas dari tangan dingin atau kepemimpinan Menteri BUMN Erick Thohir. Dari arahan pemegang saham, PLN melakukan sejumlah langkah transformasi yang membuat keuangan BUMN kelistrikan itu tumbuh positif.

Dia juga mengapresiasi dukungan Kementerian BUMN, Kementerian ESDM, dan Kementerian Keuangan. "Jadi kami mengucapkan terimakasih atas kepemilikan pak Erick Thohir dengan leadership-nya bimbingannya, ada Pak Wamen I Pak Pahala yang selalu memberikan coaching kepada kami," katanya.

Kunci Dibalik Capaian Kinerja Keuangan PLN

Dari arahan Erick Thohir, PLN melakukan transformasi sejak tiga tahun lalu. Pembaharuan itu meliputi inovasi, efisiensi, hingga digitalisasi.

Darmawan menyebut PLN menjalankan transformasi, menata seluruh proses bisnis dari yang berserak menjadi streamline. Perusahaan juga menbangun sistem pasokan energi primer yang jauh lebih kokoh dengan digitalisasi real time.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1750 seconds (0.1#10.140)