Potensi Ekonomi Digital RI Capai Rp4.500 T di 2030, Peningkatan Talenta Digital Mendesak

Sabtu, 20 Mei 2023 - 07:47 WIB
loading...
A A A
Dia menekankan bahwa kebutuhan akan talenta digital ini harus disikapi dengan serius, karena Indonesia bercita-cita ingin menjadi bangsa yang kompetitif di kancah global.

“Namun, ada tantangan dalam upaya memenuhi kebutuhan talenta digital di Indonesia. Tantangan itu berupa kesenjangan antara sumber daya dengan lapangan kerja yang ada. Saat ini dibutuhkan setidaknya 600.000 talenta digital setiap tahunnya di Indonesia,” ungkapnya.

Dalam rangka mendukung kesiapan talenta digital menuju Visi Indonesia Emas 2045, tandas Dirgantara, kolaborasi dan partisipasi aktif dari semua pemangku kepentingan amat dibutuhkan.

Terlebih lagi pada 2030 mendatang, diperkirakan akan ada kekurangan 47 juta talenta digital di seluruh dunia. Di satu sisi, potensi ekonomi digital di Indonesia pada 2030 diperkirakan mencapai Rp4.500 triliun.

Sementara itu, Enny Bonaventura menyoroti soal etika dalam berkarya di ruang digital. Jangan lantaran ingin meraup cuan sebesar-besarnya lalu mengesampingkan moral dan etika dalam berkarya.

Enny menegaskan, seperti halnya di dunia nyata, di dunia maya etika tetap diperlukan dan harus ditegakkan. Memegang teguh etika dapat mencegah kerugian akibat konten yang dibuat.

“Selain itu, etika dapat menjaga kenyamanan dan lingkungan digital yang kondusif. Etika juga mendorong inovasi digital yang lebih bertanggung jawab,” ucapnya.



Enny menyarankan agar dalam berkarya di ruang digital harus mematuhi aturan perundangan yang berlaku. Dilarang keras menjiplak atau bertindak plagiarisme dalam berkarya.

Selain itu, hormati karya orang lain, hargai nilai dan kepercayaan publik, tidak menyebarkan hoaks atau ujaran kebencian, dan konsisten menghadirkan konten berkualitas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1058 seconds (0.1#10.140)