Mudah tapi Jangan Gegabah, Begini Cara Ambil Duit di Bank Saat di Luar Negeri

Selasa, 23 Mei 2023 - 08:17 WIB
loading...
Mudah tapi Jangan Gegabah, Begini Cara Ambil Duit di Bank Saat di Luar Negeri
Cara ambil duit di bank di luar negeri yang paling umum adalah melalui tarik tunai di ATM. Foto/pexels/roberto hund
A A A
JAKARTA - Bagi yang hendak bepergian ke mancanegara, penting untuk mengetahui cara ambil duit di bank saat berada di luar negeri. Adapun yang paling umum adalah melalui tarik tunai di ATM .

Kendati saat ini masyarakat global sudah hidup di era nontunai alias cashless, persediaan uang tunai tetap diperlu untuk memenuhi beragam kebutuhan saat berada di luar negeri.

Misalnya untuk membeli makanan dan minuman, oleh-oleh, dan keperluan lainnya. Terlebih lagi jika wilayah negara yang dikunjungi masih menerapkan transaksi nontunai seperti di pasar tradisional ataupun street food.

Saat ini perbankan di Indonesia terutama yang besar pada umumnya telah menjalin kerja sama dengan jaringan internasional seperti Mastercard dan Visa yang memungkinkan nasabah melakukan tarik tunai di ATM di luar negeri.

Contohnya bagi nasabah MNC Bank, untuk transaksi di luar negeri, Kartu Debit Mastercard MNC dapat digunakan untuk bertransaksi di ATM berlogo Maestro dan Cirrus di seluruh dunia, serta memberikan kemudahan dalam berbelanja di jutaan merchant di seluruh dunia yang menggunakan logo Mastercard.

Bank-bank lainnya seperti Mandiri, BNI, BCA hingga HSBC juga menyediakan produk dan layanan serupa guna memudahkan para nasabahnya dalam bertransaksi di luar negeri.

3 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penarikan Tunai di Luar Negeri

Meskipun terkesan mudah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan tarik tunai di ATM di luar negeri. Mengutip laman resmi HSBC, berikut beberapa saran yang bisa dijadikan referensi:

1. Pilih bank yang melayani transaksi di luar negeri
Pastikan bahwa bank yang mengeluarkan kartu ATM Anda memungkinkan jenis transaksi tersebut. Cara termudah adalah dengan melihat logo yang terpampang di kartu debit Anda. Di situ bisa terlihat apakah bank Anda bekerja sama dengan provider jasa keuangan internasional, contohnya Visa atau Mastercard.

2. Cek kurs sebelum tarik tunai
Sebelum melakukan tarik tunai, cek dulu pergerakan nilai tukar mata uang asing. Tak hanya mata uang yang dijadikan acuan internasional seperti dolar, cek juga kurs mata uang setempat.

Cara paling praktis dengan mengecek di laman situs bank resmi. Biasanya terdapat dua kolom yang berisikan kurs jual dan kurs beli. Untuk tarik tunai, sebaiknya mengacu ke kurs jual.

Jika memanfaatkan fasilitas provider keuangan internasional seperti VISA atau Mastercard, angka kurs versi dua perusahaan tersebut juga perlu diperhatikan. Caranya dengan mengecek di website resminya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1964 seconds (0.1#10.140)