Lewat Digital Bank, Buka Rekening Semakin Mudah

Rabu, 24 Mei 2023 - 15:08 WIB
loading...
Lewat Digital Bank, Buka Rekening Semakin Mudah
MotionBanking memiliki fitur untuk melakukan berbagai transaksi digital bank. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kapan terakhir kali kita datang ke kantor cabang bank? beberapa ada yang menjawab bulan lalu, tiga bulan lalu, bahkan ada juga yang menjawab tidak pernah ke bank lagi sama sekali namun memiliki rekening tabungan . Jawaban dari pertanyaan tersebut mungkin 10 tahun lalu terdengar aneh. Namun semenjak adanya digital banking, fenomena tersebut kemudian menjadi hal yang menarik perhatian, yaitu fakta bahwa orang kini semakin malas ke bank tradisional.

Mengutip hal tersebut, Chief Digital Business Officer MNC Bank , Yudistira Ardhi Prastono menyampaikan terdapat sejumlah alasan yang mendasari fenomena orang jadi malas ke bank, “Dengan berbagai fitur transaksi pembayaran yang tersedia, digital banking saat ini menawarkan kemudahan dan kenyamanan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Tidak ada lagi kebutuhan untuk mengantri di bank atau berurusan dengan jam buka bank yang terbatas, karena sekarang semua transaksi bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja selama terhubung dengan internet.”

Dia juga menambahkan alasan lain yakni efisiensi, “Coba hitung saja berapa biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk datang ke kantor fisik bank? Nah, digital banking menawarkan efisiensi biaya dan waktu yang lebih baik daripada layanan tradisional di bank fisik. Bahkan dalam beberapa kondisi, nasabah dapat mengakses produk dan layanan dengan biaya yang lebih rendah atau bahkan gratis, seperti transfer uang antar rekening atau pengecekan saldo.”



Risma, salah satu karyawan swasta yang menjadi nasabah di MNC Bank mengungkapkan bahwa Ia hampir tidak ingat kapan terakhir kali datang ke Bank. “iya, aku juga ngapain ke Bank, kan udah ada MotionBanking jadi hampir semua transaksi ya aku lakuin disitu. Tahun ini aja aku kayaknya sama sekali belum pernah ke Bank, sampe lupa kapan ya terakhir kali kesana (bank)”.

Buat yang belum tahu, MotionBanking sendiri merupakan aplikasi digital banking dari PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau MNC Bank, anak usaha PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group (BHIT). Sampai dengan saat ini, MotionBanking memang memiliki fitur untuk melakukan berbagai transaksi, mulai dari transaksi digital dan e-commerce, transfer real time, login biometrik, top up e-wallet, pembuatan rekening tabungan Motion lebih dari 1 (satu) rekening per akun, pembayaran berbagai tagihan dan kartu kredit, pengajuan cicilan kartu, pembukaan deposito online, fitur pembayaran QRIS, transfer dengan BI Fast, hingga tarik dan setor tunai di jaringan Indomaret.

Yudistira mengungkapkan bahwa yang dialami Risma memang kini menjadi fenomena umum, “Kita saja di MNC Bank sudah benar-benar shifting ya ke arah digital, hampir seluruh transaksi perbankan yang sifatnya repetitif dan sering digunakan sudah pasti bisa diakses melalui MotionBanking. Jadi nasabah itu kalau bukan untuk transaksi yang benar-benar penting dan besar, mereka juga gak kan ke bank. Kalau nasabah mau nabung atau tarik tunai pun, lewat MotionBanking mereka cukup ke Indomaret terdekat dari rumah aja, mudah banget.”

Bahkan belum lama ini, MotionBanking juga baru saja menghadirkan beberapa fitur terbaru. “Benar, ada 3 fitur terbaru yakni pengajuan kartu kredit online melalui MotionBanking, tambahan menu split bill untuk permintaan transfer antar rekening MotionBanking dan transfer dana menggunakan nomor handphone yang terdaftar untuk sesama rekening MotionBanking”, tambah Yudistira.

Akses tutorial untuk 3 fitur terbaru dari MotionBanking di sini:
- Split Bill: https://bit.ly/TutorSplitBill
- Transfer Dana Menggunakan Nomor HP: https://bit.ly/TutorTrfNoHP
- Pengajuan Kartu Kredit Online: https://bit.ly/TutorApplyCC

Kesimpulannya, digital banking memang menjanjikan masa depan transformasi terkait cara kita bertransaksi dan mengelola keuangan. Untuk itu, penting bagi bank dan nasabah untuk tetap update dalam mengoptimalkan manfaat dari digital banking yang terus berkembang, namun dengan tetap menjaga keamanan transaksi perbankannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0973 seconds (0.1#10.140)