Kementan Beri Pembekalan ToT SIMURP pada Penyuluh Pertanian

Kamis, 23 Juli 2020 - 16:56 WIB
loading...
A A A
Sementara Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Momon Rusmono mengatakan, Proyek SIMURP merupakan integrasi dari 4 Kementerian/Lembaga, yaitu BAPPENAS, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Pertanian.

“Salah satu kegiatan SIMURP adalah menerapkan Climate Smart Agriculture (CSA) atau Pertanian Cerdas Iklim menggunakan prinsip budidaya pertanian yang adaptif terhadap perubahan iklim, hemat air, serta meningkatkanproduksipertanian,” ujarnya.

Momon menambahkan, di tengah kondisi perubahan iklim yang kian ekstrem, budidaya pertanian menggunakan metode CSA mampu mendorong kegiatan pertanian berkelanjutan dan memastikan ketahanan pangan.

Mengenai pelatih ToT, Momon Rusmono mengatakan kegiatan ini dilaksanakan pada rentang periode minggu ketiga di bulan Juli hingga minggu kedua bulan Agustus 2020 dengan metode tatap muka dan e-learning.

“ToT bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap peserta tentang CSA, serta menyiapkan peserta sebagai pelatih atau fasilitator untuk Training of Farmer (ToF),” ujarnya.

Sedangkan Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian BPPSDMP Kementan, Leli Nuryati, yang juga panitia penyelenggara ToT SIMURP, mengataan kegiatan CSA SIMURP adalah tindakan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim global.

“Agar kegiatan SIMURP-CSA berjalan baik, perlu dukungan sumber daya manusia pertanian seperti penyuluh, petugas dan petani, yang handal. Oleh karena itu, pengetahuan dan keterampilan mereka perlu ditingkatkan,” katanya.

Dijelaskannya, kegiatan TOT-CSA Proyek SIMURP ini adalah tindak lanjut dari kegiatan TOM-CSA Proyek SIMURP yang telah dilaksanakan tahun 2019 lalu.[NF]
(atk)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0843 seconds (0.1#10.140)