Pembangunan LRT Jakarta hingga Manggarai, Menhub: Insya Allah Tahun Ini Dimulai

Kamis, 25 Mei 2023 - 08:19 WIB
loading...
Pembangunan LRT Jakarta hingga Manggarai, Menhub: Insya Allah Tahun Ini Dimulai
Pembangunan rute LRT Jakarta dari Veldrome hingga Manggarai akan dimulai tahun ini. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa LRT Jakarta akan diperpanjang rutenya dari Veldrome hingga Stasiun Manggarai. Pembangunan LRT Jakarta dari Veldrome ke Stasiun Manggarai akan dilaksanakan tahun ini, namun Menhub tidak menjelaskan tanggal pastinya.



"Insya Allah tahun ini dimulai," katanya saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (24/5/2023).

Di tempat yang sama, Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, pihaknya sudah melakukan komunikasi intens dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengenai perpanjangan rute LRT Jakarta.

"Kita sudah bicarakan intens juga bersama Pj Gubernur. Mungkin tahun ini atau tahun depan," katanya.

Meski begitu, Adita mengatakan bahwa yang menjadi fokus pihaknya saat ini adalah LRT Jabodebek yang direncanakan akan beroperasi pada Agustus 2023.

"Kita akan prioritaskan (LRT) Jabodebek. Rencananya tahun ini, nanti Juli, kita bisa trial, Aggustus bisa komersialisasi," katanya.

Sebelumnya, Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Sigit Wijatmoko mengatakan, saat ini pembangunan LRT Velodrome-Manggarai masih dalam tahap pengajuan perizinan trase ke Kementerian Perhubungan. Pemprov DKI Jakarta menargetkan LRT Jakarta trase Velodrome-Manggarai beroperasi pada Agustus 2024.

"Kita punya komitmen paling lambat Agustus 2024 lintasan LRT Jakarta dari Velodrome ke Manggarai sudah diperasikan," kata Sigit.

Sigit menuturkan, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama Menhub Budi Karya Sumadi telah bertemu untuk membahas pembangunan rute LRT Velodrome-Manggarai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1800 seconds (0.1#10.140)