Hebat! Menteri Estonia Tolak Utang China untuk Bangun Infrastruktur, Ini Profilnya

Senin, 29 Mei 2023 - 11:06 WIB
loading...
Hebat! Menteri Estonia Tolak Utang China untuk Bangun Infrastruktur, Ini Profilnya
Jaak Aab. Foto/newserr/MargaritaMironova
A A A
JAKARTA - Jaak Aab adalah seorang politisi Estonia yang saat ini menjabat sebagai Menteri Administrasi Publik Estonia. Jaak Aab pernah menolak pinjaman utang China untuk membangun infrastruktur, yaitu jalan dan rel kereta antara Tallin-Helsinki. Panjang jalan dan rel ini mencapai 100 km.


Profil Jaak Aab

Berikut adalah profil singkat mengenai Jaak Aab:

1. Karier Politik
Jaak Aab telah terlibat dalam politik Estonia sejak tahun 1995. Pada tahun 2005, ia diangkat sebagai Menteri Lingkungan dan Perencanaan Kota Estonia dalam pemerintahan JĂĽri Ratas.

Dari tahun 2007 hingga 2016, ia menjadi anggota Riigikogu, parlemen Estonia. Pada tahun 2016, ia diangkat sebagai Menteri Sosial dalam pemerintahan JĂĽri Ratas. Sejak 2021, ia menjabat sebagai Menteri Administrasi Publik Estonia.

2. Pendidikan dan Latar Belakang:
Jaak Aab lahir pada tanggal 9 Mei 1960 di Tartu, Estonia. Ia meraih gelar sarjana hukum dari Universitas Tartu pada tahun 1984.

3. Kontribusi dan Pencapaian:
Selama kariernya, Jaak Aab telah berperan dalam pengembangan kebijakan lingkungan, perencanaan kota, dan kebijakan sosial di Estonia. Sebagai Menteri Administrasi Publik, fokus kerjanya termasuk reformasi administrasi publik, pelayanan publik yang efektif, dan penggunaan teknologi digital untuk meningkatkan layanan pemerintah.



4. Partai Politik:
Jaak Aab adalah anggota Partai Pusat Estonia (Eesti Keskerakond) yang merupakan salah satu partai politik terkemuka di Estonia. Jaak Aab dikenal sebagai salah satu orang yang berani menolak utang dari China. Selain Estonia, Eswatini menjadi negara yang juga menolak utang dari China.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1886 seconds (0.1#10.140)