Ada PSBB, BI Pastikan Inflasi Selama Ramadhan Terjaga

Rabu, 29 April 2020 - 11:21 WIB
loading...
Ada PSBB, BI Pastikan Inflasi Selama Ramadhan Terjaga
BI meyakini inflasi sepanjang bulan Ramadhan ini akan rendah karena pemberlakuan PSBB di sejumlah wilayah di Tanah Air. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pemerintah menerapkan peraturan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) di bulan Ramadhan tahun ini. Bank Indonesia (BI) meyakini hal ini akan membuat inflasi selama Ramadhan rendah.

Di sisi lain, Gubernur BI Perry Warjiyo memastikan stabilitas harga bahan pokok bakal terjaga. Hal tersebut tercermin dari Survei Pemantauan Harga (SPH) Bank Indonesia (BI).

"Perkiraan kami bahwa di bulan Ramadhan tahun ini inflasinya lebih rendah dari pola historisnya pada tahun-tahun sebelumnya. Kenapa? Memang dengan adanya PSBB di sejumlah wilayah tentu saja ini menurunkan juga tingkat permintaan, sehingga itu juga menjadi bagian dari terkendalinya inflasi," jelas Gubernur BI Perry Warjiyo di Jakarta, Rabu (29/4/2020).

Ke depan, sambung dia, BI akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran Covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia, khususnya terhadap inflasi.

"Alhamdulillah ini inflasi terkendali dan rendah dan ini juga lebih rendah daripada inflasi yang di minggu-minggu dan bulan sebelumnya kalau dilihat inflasi Maret itu 2,96%, Februari 2,98%, ini yang berdasarkan survei 2,78%," jelas Perry.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1294 seconds (0.1#10.140)