Peringatan China Diabaikan, AS dan Taiwan Tetap Teken Kesepakatan Dagang Baru

Jum'at, 02 Juni 2023 - 13:08 WIB
loading...
Peringatan China Diabaikan, AS dan Taiwan Tetap Teken Kesepakatan Dagang Baru
Amerika Serikat (AS) dan Taiwan baru saja menandatangani kesepakatan perdagangan baru pada Kamis kemarin, di tengah ketegangan yang meningkat dengan China. Foto/Dok Reuters
A A A
BEIJING - Amerika Serikat (AS) dan Taiwan baru saja menandatangani kesepakatan perdagangan baru pada Kamis kemarin, di tengah ketegangan yang meningkat dengan China . Perjanjian ini menjadi yang pertama di bawah kerangka baru dalam pembicaraan antara Washington dan Taipei yang disebut Inisiatif AS-Taiwan tentang Perdagangan Abad ke-21.



Pengumuman ini muncul menjelang pertemuan puncak keamanan global tingkat tinggi di Singapura akhir pekan ini. Seperti diketahui dalam beberapa tahun terakhir, hubungan antara AS dan China menjadi semakin tegang.

Kantor Negosiasi Perdagangan Taiwan mengatakan, perjanjian itu ditandatangani pada Kamis pagi, waktu Amerika. Dalam pertemuan tersebut disebutkan dihadiri Wakil Perwakilan Dagang Amerika Serikat, Sarah Bianchi

Kesepakatan Dagang AS-Taiwan itu mencakup langkah-langkah untuk merampingkan prosedur perbatasan, perjanjian pertama ini menjadi yang pertama ditandatangani di bawah kerangka kerja baru, yang dimulai tahun lalu.



Kerangka kerja ini bertujuan untuk memperkuat hubungan ekonomi antara Washington dan Taipei, dan membuka peluang Taiwan untuk lebih banyak ekspor ke AS.

"Kami berterima kasih kepada mitra Taiwan kami karena membantu mencapai tonggak penting ini dan kami menantikan negosiasi tambahan yang akan datang di bidang perdagangan," kata Sam Michel, juru bicara kantor Perwakilan Dagang AS.

Sementara itu Beijing telah mengecam pembicaraan perdagangan, seperti halnya dengan semua bentuk keterlibatan tingkat tinggi antara AS dan Taiwan yang diklaimnya sebagai wilayahnya sendiri."

Sebelumnya China memperingatkan Washington agar tidak menandatangani kesepakatan apapun "dengan konotasi kedaulatan atau yang bersifat resmi dengan wilayah Taiwan China".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1739 seconds (0.1#10.140)