Siasati Tekanan Cukai, Emiten Rokok Ini Perluas Pasar Ekspor

Senin, 05 Juni 2023 - 20:32 WIB
loading...
Siasati Tekanan Cukai, Emiten Rokok Ini Perluas Pasar Ekspor
Ekspor menjadi cara emiten rokok mendulang pendapatan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Emiten rokok PT Bentoel Internasional Investama Tbk menyiasati tekanan penjualan domestik akibat kenaikan cukai dengan memperbesar pasar ekspor. Presiden Direktur PT Bentoel Internasional Investama Tbk William Lumentut mengatakan sepanjang 2022 ekspor produk-produk berkualitas tinggi dilakukan ke 21 negara tujuan.



“Jumlah tersebut merupakan peningkatan yang pesat dari sebelumnya yang hanya berjumlah 8 negara di tahun 2016. Pencapaian ini tentunya turut memberikan kontribusi pada peningkatan pendapatan ekspor negara dan pertumbuhan ekonomi nasional,” ujarnya pada paparan publik di Jakarta, Senin (5/6/2023).

William menambahkan, Bentoel bakal menggenjot ekspor dengan terus meningkatkan kualitas produk. Alhasil, di tengah berbagai tantangan akibat kenaikan cukai dan dampak pandemi, perseroan berhasil membukukan laba kotor secara konsisten selama 3 tahun berturut-turut sejak tahun 2020.

Tahun 2022 lalu, perseroan berhasil mencetak laba kotor sebesar Rp1 triliun, meningkat 20% persen dibandingkan dengan laba kotor pada tahun sebelumnya. Selain itu, perseroan juga sukses mendatangkan investasi baru ke Indonesia melalui relokasi kapasitas produksi dari Singapura ke Malang. Kapasitas tambahan tersebut diperuntukkan untuk produk- produk ekspor.

Sementara, dukungan terhadap program pemerintah, ungkap William, juga diwujudkan melalui berbagai inisiatif environmental, social, and governance (ESG). Dalam bidang lingkungan, saat ini perseroan telah 100% menggunakan energi listrik terbarukan dari pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dan pembelian renewable energy certificate (REC).

Dia menambahkan, perseroan juga telah melakukan daur ulang terhadap 100% limbah produksi dan rumah tangga yang dihasilkan dari aktivitas produksi.



“Kami juga menjadi satu dari sedikit perusahaan di Indonesia yang berhasil meraih sertifikasi AWS (Alliance for Water Stewardship), sebuah standar global untuk penatagunaan air secara bertanggung jawab,” pungkasnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1079 seconds (0.1#10.140)