10 Negara Terkaya di Kawasan Asia, Indonesia Nomor Berapa?

Senin, 05 Juni 2023 - 20:32 WIB
loading...
A A A
Indonesia, secara resmi dikenal sebagai Republik Indonesia, adalah sebuah negara yang terletak di Asia Tenggara dan Oseania. Meskipun memiliki populasi besar dan daerah padat penduduk, Indonesia juga memiliki hutan yang luas dengan berkontribusi terhadap keanekaragaman hayati yang sangat kaya.

Indonesia ecara aktif berpartisipasi dalam organisasi multilateral, termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Organisasi Perdagangan Dunia, G20, Gerakan Non-Blok, Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara, KTT Asia Timur, D-8, dan Organisasi Kerjasama Islam. Pada tahun 2021, total kekayaan Indonesia mencapai USD3.405 triliun, menjadikannya salah satu negara Asia terkaya.

6. Hong Kong

Total Kekayaan pada tahun 2021: USD3,492 triliun

Hong Kong, yang dikenal secara resmi sebagai Daerah Administratif Khusus Republik Rakyat Chini, berdiri sebagai pusat keuangan global terkemuka. Memiliki banyak gedung pencakar langit, dimana penghuninya menikmati harapan hidup yang sangat tinggi.

Hong Kong beroperasi di bawah ekonomi pasar yang menekankan pada layanan, dengan fitur termasuk pajak rendah dan komitmen pada perdagangan bebas. Mereka adalah salah satu negara Asia terkaya, dengan total kekayaan sebesar USD3,492 triliun.

5. Taiwan

Total Kekayaan pada tahun 2021: USD5,878 triliun

Taiwan terletak di Asia Timur dan merupakan salah satu negara terpadat secara global. Ekonomi Taiwan berpusat di sekitar industri berorientasi ekspor seperti baja, mesin, elektronik, dan manufaktur kimia.

Kualitas kebebasan sipil, perawatan kesehatan, dan pembangunan manusia di negara ini juga diakui. Taiwan adalah salah satu negara Asia terkaya, dengan total kekayaan pada tahun 2021 sebesar USD5.878 triliun.

4. Korea Selatan

Total Kekayaan pada tahun 2021: USD10,149 triliun

Korea Selatan secara resmi dikenal sebagai Republik Korea adalah negara Asia Timur yang memegang status kekuatan regional dan merupakan negara maju. Korea Selatan telah mendapatkan pengakuan internasional untuk budaya populernya yang berpengaruh, meliputi musik (K-pop), drama TV (K-drama), dan bioskop, umumnya dikenal sebagai Gelombang Korea.

Negara ini secara aktif berpartisipasi dalam berbagai organisasi internasional, termasuk Komite Bantuan Pembangunan OECD, G20, IPEF dan Paris Club. Pada tahun 2021, total kekayaan Korea Selatan mencapai USD10.149 triliun.

3. India

Total Kekayaan pada tahun 2021: USD14,225 triliun

India secara resmi disebut sebagai Republik India yang terletak di Asia Selatan. Sejak 1950, India telah berfungsi sebagai republik federal, diatur oleh sistem parlementer yang demokratis.

Negara ini dicirikan oleh sifat pluralistiknya, dengan masyarakat beragam yang mencakup berbagai bahasa dan etnis. India memegang status sebagai negara nuklir yang diperhitungkan dan berinvestasi secara signifikan untuk sektor militernya.

Selain itu film, musik, dan ajaran spiritual India telah menjadi terkenal dan mempunyai peran yang semakin berpengaruh dalam budaya global. Pada tahun 2021, India menduduki peringkat sebagai salah satu negara terkaya di Asia, dengan total kekayaan USD14.225 triliun.

2. Jepang

Total Kekayaan pada tahun 2021: USD25,692 triliun

Jepang yang terletak di Asia Timur adalah negara kepulauan dengan Tokyo sebagai ibu kota dan kota terbesarnya. Sebagai negara maju dan diakui sebagai kekuatan global yang signifikan, Jepang sangat menonjol di Asia.

Terkenal karena kemajuannya dalam industri otomotif, robotika dan elektronik, Jepang telah memberikan kontribusi penting di bidang sains dan teknologi. Negara ini secara aktif berpartisipasi dalam lembaga-lembaga internasional dan antar pemerintah utama.

Selain itu, Jepang dianggap sebagai negara adidaya budaya karena seni, masakan, film, musik, dan budaya populernya yang diakui secara global. Secara khusus negara ini menawarkan industri manga, anime, dan video game yang berpengaruh. Pada tahun 2021, total kekayaan Jepang pada tahun 2021 mencapai USD25.692 triliun.

1. China

Total Kekayaan pada tahun 2021: USD85,107 triliun

China yang dikenal secara resmi sebagai Republik Rakyat China, tepatnya berlokasi di Asia Timur. Beijing berfungsi sebagai ibu kota negara, sementara Shanghai berdiri sebagai kota terpadat dan pusat keuangan terbesar.

China diakui sebagai salah satu ekonomi utama yang berkembang pesat secara global, memegang gelar produsen dan eksportir terbesar di dunia. Selain itu, China juga memegang posisi penting sebagai importir utama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0036 seconds (0.1#10.140)