Sumber Kekayaan Zhang Yiming, Sosok Pendiri TikTok yang Mengejutkan

Rabu, 07 Juni 2023 - 14:19 WIB
loading...
Sumber Kekayaan Zhang Yiming, Sosok Pendiri TikTok yang Mengejutkan
Sumber kekayaan yang dimiliki Zhang Yiming menjadi pembahasan menarik untuk diulas. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sumber kekayaan yang dimiliki Zhang Yiming menjadi pembahasan menarik untuk diulas. Sekadar informasi, dia adalah bos TikTok, sebuah aplikasi hiburan populer yang memiliki banyak pengguna di dunia.

Pada riwayatnya, Zhang Yiming merupakan pendiri ByteDance Technology. Perusahaan teknologi digital asal China ini adalah pengembang aplikasi TikTok yang saat ini sangat populer di dunia.

Melihat ke belakang, Zhang Yiming lahir di Fujian, China pada 1 Januari 1983. Pasca menyelesaikan studi, dia mulai merintis kariernya secara perlahan.



Beberapa kali, Zhang juga tampak mendirikan sejumlah perusahaan rintisan, termasuk salah satunya adalah situs pencarian real estate. Setelahnya, dia meraih kesuksesan besar pasca mendirikan ByteDance tahun 2012 yang kemudian melahirkan TikTok.

Seiring kesuksesannya, pengusaha berusia 40 tahun ini mengalami kenaikan kekayaan secara signifikan. Bahkan, Zhang sendiri pernah menjadi orang terkaya nomor 2 di China.

Sumber Kekayaan Zhang Yiming

Menurut data Forbes, kekayaan real-time Zhang Yiming per 6 Juni 2023 mencapai USD45 miliar atau sekitar Rp670 triliun (kurs Rp14.879 per USD).

Melihat sumber kekayaannya, pendapatan utama yang dimiliki Zhang tentu berasal dari ByteDance. Masih dari sumber yang sama, dia memiliki sekitar 20 persen dari ByteDance meski nilainya sempat terpukul akibat spekulasi larangan TikTok di AS beberapa waktu lalu.



Lebih lanjut, terbaru Zhang juga disebut telah mendirikan perusahaan investasi swasta di Hong Kong. Mengutip South China Morning Post, hal ini menjadi kemunculannya yang mengejutkan pasca mengundurkan diri dari ByteDance tahun 2021 lalu.

Sejak mundur dari ByteDance, Zhang Yiming memang terkesan menghindari sorotan. Pengusaha asal China ini menghabiskan sebagian waktunya di luar negeri, termasuk Singapura.

Di samping itu, sosok Zhang sendiri juga terkenal dengan kedermawanannya. Bulan lalu, biro pendidikan di kota Longyan, Fujian menyebut bahwa Zhang Yiming menyumbangkan 200 juta yuan (USD28,9 juta) untuk dana pendidikan.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2522 seconds (0.1#10.140)