Rogoh Anggaran Rp437 Miliar, Ganjar Kebut Perbaikan Jalan di Jateng

Rabu, 07 Juni 2023 - 12:30 WIB
loading...
Rogoh Anggaran Rp437 Miliar, Ganjar Kebut Perbaikan Jalan di Jateng
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mempercepat program penyelenggaraan jalan di Jateng. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menggelontorkan anggaran sebesar Rp437 miliar untuk program penyelenggaraan jalan pada 2023. Perbaikan jalan dilakukan dengan sistem pemeliharaan, rehabilitasi dan rekonstruksi jalan.

"Sekarang mulai berjalan dan percepatannya kita lakukan ya dengan berbagai cara umpama target yang sudah disiapkan di APBD segera kita kebut," kata Ganjar saat ditemui di Kantor Gubernur, Rabu (7/6/2023).

Melalui Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya (DPUBMCK) Jateng, Ganjar menyebut program perbaikan jalan terus dikebut untuk mengejar target di akhir masa jabatannya. Tahun ini, Ganjar menyebut Pemprov Jateng akan melakukan pemeliharaan jalan sepanjang 2,404.741 kilometer (km). Adapun pemeliharaan jalan terbagi di sembilan Balai Pengelolaan Jalan (BPJ).



Pertama, BPJ Cilacap meliputi ruas Sidareja-Cukangleuleus sepanjang 2 km dengan anggaran Rp2,6 miliar, Bobotsari-Belik sepanjang 2,5 km dengan anggaran Rp4 miliar, dan Purbalingga-Bobotsari-Jalan Sungkono sepanjang 2 km dengan anggaran Rp2,6 miliar. Kemudian, ruas Kaliori-Patikraja sepanjang 1 km dengan anggaran Rp1,3 miliar dan rehab dinding penahan tanah Cilopadang-Salem sepanjang 100 meter (m) dengan anggaran Rp1 miliar.

Kedua, BPJ Tegal meliputi ruas Jalan Bumiayu-Salem sepanjang 1 km dengan anggaran Rp1,3 miliar, Bumiayu-Sirampog sepanjang 0,30 km dengan anggaran Rp3,5 miliar, Morongso-Tuwel-Sirampog sepanjang 1 km dengan anggaran Rp1,3 miliar. Kemudian, ruas Bandungsari-Pananggapan sepanjang 1 km dengan anggaran Rp1,3 miliar dan rehab jembatan Cigareng dengan anggaran Rp2 miliar.

Ketiga, lanjut Ganjar, BPJ Pekalongan ruas Jalan Batang-Wonotunggal-Surjo sepanjang 1 km dengan anggaran Rp2 miliar, Moga-Morongso sepanjang 1 km dengan anggaran Rp1,3 miliar, serta rehab Jembatan Welo Panjang sepanjang 60 m dengan anggaran Rp2 miliar.

Sementara untuk BPJ keempat, akan dilakukan pemeliharaan di Wonosobo pada ruas Wanayasa-Kalibening sepanjang 2,3 m dengan anggaran Rp3 miliar.

Kelima, BPJ Magelang dengan rehabilitasi jalan di ruas Magelang-Ngablak sepanjang 1 km dengan anggaran Rp1,3 miliar, Bener-Maron-Purworejo sepanjang 5 km dengan anggaran Rp 8 miliar, dan Kutoarjo-Bruno sepanjang 3 km dengan anggaran Rp3,8 miliar.

Keenam, Pemprov Jateng juga akan melalukan pemeliharaan jalan untuk BPJ Semarang meliputi ruas Semarang-Godong (rehabilitasi drainase) sepanjang 0,05 km dengan anggaran Rp1 miliar, Cangkiran-Boja-Sukorejo sepanjang 1 km dengan anggaran Rp1,3 miliar, dan Weleri-Patean sepanjang 1 km dengan anggaran Rp1,3 miliar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1373 seconds (0.1#10.140)