Petani Sawit Binaan Musim Mas Diajarkan Budidaya Ramah Lingkungan, Ini Manfaatnya

Jum'at, 09 Juni 2023 - 14:03 WIB
loading...
A A A
Selanjutnya, para PPL akan membagi ilmu mereka kepada petani swadaya dan membekali mereka dengan pengetahuan yang dibutuhkan untuk perkebunan yang berkelanjutan.

Saat ini, kata dia, program petani swadaya Musim Mas merupakan yang terbesar di Indonesia. Dilaksanakan di 6 provinsi, yakni Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Musim Mas sudah melibatkan lebih dari 41.400 petani swadaya. Di antaranya, 36.200 petani dari program Training for Smallholders, dan 5.100 petani dilatih oleh PPL program Training for Trainers: Smallholders Hub, yang mencakup 85.900 hektare lahan.

Bahkan, program Training for Smallholders telah memberikan pendampingan kepada petani untuk mendapatkan sertifikasi RSPO dan ISPO, serta membantu petani menjual kredit RSPO. Sebanyak 3.537 petani swadaya tersertifikasi RSPO, 1.600 petani swadaya tersertifikasi ISPO.



Saat ini, Musim Mas telah membina empat Asosiasi Petani Kelapa Sawit yang tergabung dalam Gabungan Asosiasi Pekebun Sawit Inisiasi Musim Mas (Gapsima).

Keempat asosiasi tersebut yaitu Asosiasi Pekebun Swadaya Kelapa Sawit Labuhanbatu, Sumatera Utara; Asosiasi Pekebun Swadaya Kelapa Sawit Negeri Seribu Kubah, Riau; Asosiasi Pekebun Swadaya Kelapa Sawit Pelalawan, Siak, Riau; dan Perkumpulan Pekebun Swadaya Kelapa Sawit Rokan Hulu, Riau.

(ind)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1222 seconds (0.1#10.140)