Negara yang Paling Banyak Investasi di Indonesia, Benarkah China?

Jum'at, 09 Juni 2023 - 18:30 WIB
loading...
Negara yang Paling Banyak Investasi di Indonesia, Benarkah China?
Negara-negara yang paling banyak investasi di Indonesia. FOTO/iStock Photo
A A A
JAKARTA - Indonesia sebagai salah satu negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara telah mampu menarik investor asing yang ingin menanamkan modal .

Mengutip laporan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), realisasi investasi kuartal I 2023 mencapai Rp328,9 triliun. Nilai tersebut meningkat 16,5% dibandingkan tahun sebelumnya (year on year/yoy) atau naik 4,5% secara kuartalan.



Rinciannya, Penanaman Modal Asing (PMA) tercatat Rp177 triliun, naik 20,2%. Sementara, Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) tercatat Rp151,9 triliun atau naik 12,4%.

Berdasarkan data tersebut jumlah investasi dari luar negeri lebih besar dibandingkan investor lokal. Investasi tersebar di Jawa maupun luar Jawa. Rinciannya, investasi di luar Jawa sebesar Rp172,9 triliun dengan proporsi 52,6% dan Jawa sebesar Rp156 triliun dengan proporsi 47,4%. Berikut negara-negara yang paling banyak investasi di Indonesia.

1. China

Sebagai mitra dagang terbesar Indonesia, China salah satu negara terbesar yang melakukan investasi di Indonesia.
Berdasarkan laporan BKPM, Investasi China di Indonesia pada di kuartal I 2023 mencapai USD1,2 miliar. Investasi China di Indonesia meliputi sektor infrastruktur, industri manufaktur, energi, dan pariwisata.

Beberapa proyek besar yang melibatkan investor China di Indonesia, antara lain pembangunan jalan tol, pembangkit listrik, dan pengembangan pariwisata.

2. Jepang

Jepang telah menjadi salah satu investor terbesar di Indonesia selama bertahun-tahun. Perusahaan-perusahaan Jepang banyak yang berinvestasi di sektor manufaktur, otomotif, dan elektronik. Menurut data BKPM, nilai investasi langsung dari Jepang mencapai USD1 miliar di kuartal I 2023.

Sejumlah perusahaan Jepang yang terkenal telah berinvestasi di Indonesia terutama di industri otomotif dan elektronik. Selain itu, Jepang juga aktif dalam mendukung pembangunan infrastruktur di Indonesia melalui kerja sama bilateral.

3. Singapura

Singapura telah lama menjadi mitra dagang dan investor utama Indonesia. Sebagai negara dengan sektor keuangan yang kuat, banyak perusahaan dan investor Singapura yang tertarik dengan potensi pasar Indonesia.

Menurut data dari BKPM, pada kuartal I 2023, nilai investasi asing langsung dari Singapura mencapai USD4,3 miliar. Investasi Singapura di Indonesia mencakup sektor perbankan, properti, perdagangan, dan jasa keuangan.

4. Amerika Serikat

Amerika Serikat (AS) juga termasuk dalam daftar negara yang berinvestasi di Indonesia. Perusahaan-perusahaan AS telah berinvestasi di berbagai sektor di Indonesia, termasuk energi, manufaktur, dan teknologi informasi.

Data BKPM menunjukkan pada kuartal I 2023, nilai investasi langsung dari AS mencapai USD0,8 miliar. Selain itu, pemerintah AS juga mendukung investasi di Indonesia melalui berbagai program dan inisiatif.

5. Hong Kong

Hong Kong menjadi salah satu negara terbesar yang melakukan investasi di Indonesia. Investasi Hong Kong di Indonesia mencapai USD1,5 miliar di kuartal I 2023. Peningkatan investasi Hong Kong terlihat mulai 2019 dengan nilai mencapai USD2,9 miliar, naik 45% dari tahun sebelumnya.

Pada 2020, investasi Hong Kong meningkat menjadi USD3,5 miliar berlanjut sampai 2021. Perusahaan-perusahaan Hong Kong banyak berinvestasi di sektor teknologi.



Indonesia telah berhasil menarik minat investasi dari beberapa negara terbesar di dunia. Negara-negara seperti China, Jepang, Singapura, Amerika Serikat, dan Hong Kong telah berinvestasi dalam berbagai sektor di Indonesia, yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan pembangunan negara.

Dalam beberapa tahun terakhir, Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai reformasi untuk meningkatkan iklim investasi dan memperkuat kerja sama dengan negara-negara mitra. Hal ini memberikan sinyal positif bagi investor asing yang ingin memanfaatkan peluang bisnis di Indonesia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1182 seconds (0.1#10.140)