Profil PT BIJB, Pengembang Bandara Kertajati yang Kini Terbangkan Jemaah Haji

Senin, 12 Juni 2023 - 07:44 WIB
loading...
A A A
Sejak resmi melayani penerbangan komersil pada 8 Juni hingga Desember 2018, jumlah penumpang yang diterbangkan dari BIJB tercatat sebanyak 30.000.



Sementara itu, munculnya pandemi Covid-19 di awal 2020 menghantam bisnis penerbangan hingga membuat BIJB Kertajati nyaris ‘mati suri’.

Penerbangan penumpang otomatis menurun drastis dan yang masih bertahan adalah penerbangan kargo. Berdasarkan data dari BIJB Kertajati pada 2019, jumlah kargo yang diangkut sebanyak 127 ton.

Namun pada tahun 2020, tidak ada kargo yang diangkut seiring dengan pengetatan penerbangan imbas pandemi. Pada 2021, jumlah kargo naik Kembali menjadi 146 ton.

Seiring melandainya pandemi, aktivitas penerbangan di Bandara Kertajati terus menggeliat. Sejak Mei, 2023, penerbangan rute ke Kuala Lumpur, Malaysia, juga mulai berjalan.

Kabar gembira lainnya, pada musim haji tahun ini Bandara Kertajati perdana memberangkatkan jemaah calon haji. Sebanyak 374 jemaah calon haji kloter pertama asal Majalengka diberangkatkan dari Bandara Kertajati dengan pesawat Saudi Airlines pada Minggu (28/5) malam.



Pada kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyapa dan melepas langsung jemaah calon haji.

"Dengan bahagia Bapak Menteri Agama, Pimpinan DPR, Bupati Majalengka, Bupati Indramayu, dan yang mewakili Menteri Perhubungan serta seluruh instansi bahwa ini hari bersejarah untuk Jawa Barat. Kloter pertama jemaah haji untuk pertama kalinya terbang dari Bandara Kertajati," kata Ridwan Kamil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1984 seconds (0.1#10.140)