Ekonomi Indonesia Susul China hingga India 5 Tahun Lagi, Luhut Ungkap Syaratnya

Rabu, 14 Juni 2023 - 20:19 WIB
loading...
Ekonomi Indonesia Susul China hingga India 5 Tahun Lagi, Luhut Ungkap Syaratnya
Menko Luhut mengungkapkan, bahwa dalam 5 tahun ke depan Indonesia akan masuk dalam kategori negara ekonomi terkuat menyusul India dan China. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, bahwa dalam 5 tahun ke depan Indonesia akan masuk dalam kategori negara ekonomi terkuat menyusul India dan China .

"Kekuatan ekonomi baru China dan India, dan 5 tahun ke depan itu Indonesia masuk kekuatan ekonomi baru asal konsisten," ungkap Luhut saat memberikan paparan dalam Rakornas Wasin BPKP, Rabu (14/6/2023).



Hal tersebut kata Luhut, lantaran kondisi geopolitik yang sedang dalam kondisi tidak stabil antara China dengan Taiwan serta Rusia dan Ukraina. Sementara letak demografis Indonesia berada di tengah-tengah yang bisa mengambil manfaat dari adanya pergeseran supply yang terjadi akibat geopolitik tersebut.

"Indonesia berada pada posisi yang sangat strategis, saya ulangi sangat strategis. Dan kita bisa memainkan peran dengan baik," katanya.



Lebih lanjut, Luhut mengatakan bahwa untuk mendukung Indonesia masuk ke jajaran terbesar negera dengan ekonomi terkuat, perlu adanya peran Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk melakukan audit terhadap sejumlah proyek ataupun hal lainnya. Hal itu ditujukan agar tidak ada korupsi.

"Ini akan kurangi kemungkinan korupsi sana sini," katanya.

Sementara itu, Luhut mengatakan bahwa apa yang sudah dikerjakan selama ini perihal hilirisasi sudah mulai menampakan hasil. "Hilirisasi seperti ini ada peningkatan investasi, realisasi PMA makin baik, share jawa dan non jawa juga makin baik," ungkap Luhut.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1732 seconds (0.1#10.140)