15 Negara Termurah untuk Pensiun Ekspatriat, Ada Tetangga Serumpun Indonesia

Kamis, 15 Juni 2023 - 18:32 WIB
loading...
15 Negara Termurah untuk Pensiun Ekspatriat, Ada Tetangga Serumpun Indonesia
Menjalani hari tua dengan bahagia menjadi idaman bagi para pensiunan, berikut daftar 15 negara termurah yang bisa menjadi pilihan pensiunan bagi ekspatriat. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menjalani hari tua dengan bahagia menjadi idaman bagi para pensiunan ekspatriat. Berbagai cara dilakukan menjelang masa pensiun , persiapan tabungan hingga beragam rencana disusun dan salah satunya menentukan lokasi yang tepat. Berikut 15 negara termurah yang bisa menjadi pilihan pensiunan bagi ekspatriat.



Dibandingkan dengan negara-negara di Amerika Serikat (AS) yang rata-rata butuh biaya sekitar USD1 juta untuk masa pensiun nyaman. Maka 15 negara ini bisa menjadi pilihan bagi ekspatriat untuk menghabiskan masa tuanya dengan pertimbangan tidak harus merogoh kocek dalam-dalam.

Dalam hal biaya pensiun, pengeluaran paling signifikan yang dihadapi para pensiunan adalah perumahan. Diperkirakan mencapai 35% dari pengeluaran tahunan, itu termasuk hipotek atau sewa, pajak properti, asuransi, pemeliharaan, dan perbaikan.



Pengeluaran tertinggi kedua yang dihadapi oleh pensiunan adalah transportasi. Termasuk kendaraan, asuransi dan bahan bakar. Sedangkankan pengeluaran untuk makanan hingga perawatan kesehatan menempati urutan ketiga. Sebagian besar pengeluaran perawatan kesehatan ini masuk ke asuransi kesehatan.

Untuk mempertahankan standar pendapatan pra-pensiun, para ahli sepakat bahwa individu harus memiliki setidaknya tingkat penggantian pendapatan 70 sampai 80%. Untuk menemukan negara termurah untuk pensiun bagi para ekspatriat, kami membandingkan antara biaya hidup, termasuk sewa, bahan makanan, dan perawatan kesehatan, di lebih dari 100 negara di seluruh dunia berdasarkan Indeks Biaya Hidup 2023 dari data Numbeo.

SBeberapa negara dengan biaya hidup yang lebih murah tidak masuk dalam daftar karena tingkat kejahatan yang tinggi, indeks keamanan yang buruk, perawatan kesehatan ahal, ekonomi tidak stabil, dan kesulitan mendapatkan visa.

Berikut adalah 15 negara termurah untuk pensiunan Ekspatriat:

15. Kroasia

Indeks Biaya Hidup: 46,7

Kroasia merupakan negara yang penuh dengan budaya, makanan enak dan juga anggur terbaik. Pensiunan ekspatriat dapat menikmati biaya hidup yang rendah, kualitas hidup yang tinggi, dan bahkan perawatan kesehatan bagi semuanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1684 seconds (0.1#10.140)