Erick Thohir Bicara Kesetaraan Pembangunan: Sumatera Harus Punya Kesempatan seperti Jawa

Jum'at, 23 Juni 2023 - 22:11 WIB
loading...
Erick Thohir Bicara Kesetaraan Pembangunan: Sumatera Harus Punya Kesempatan seperti Jawa
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan, pembangunan pulau Sumatera menjadi salah satu fokus pemerintah pusat saat ini. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan, pembangunan pulau Sumatera menjadi salah satu fokus pemerintah pusat saat ini. Pasalnya, kawasan di ujung Barat Indonesia itu punya sumber daya alam (SDA) yang melimpah.



Merujuk pada pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Erick menyebut konsentrasi pembangunan infrastruktur dan sektor lain tidak hanya terjadi di pulau Jawa saja, namun menjamah banyak daerah lain salah satunya Sumatera.

"Presiden selalu bilang kita jangan membangun Indonesia ini hanya Jawa Sentris," ucap Erick saat ditemui di gedung Kementerian BUMN, Jumat (23/6/2023).



Dia berhitung bahwa Sumatera punya kesempatan besar untuk berkembang dan maju layaknya beberapa kawasan di Jawa. Potensi itu lantaran banyaknya SDA (Sumber Daya Alam) berupa batu bara, sawit, karet, kopi, minyak bumi, dan gas alam

Sebagai pulau terbesar kedua di Nusantara dengan populasi melebihi 55 juta jiwa, Sumatera memainkan peran penting dalam perekonomian negara. Kemajuan dan keberlanjutan perekonomian Sumatera sangat penting untuk memastikan stabilitas dan pertumbuhan di kawasan tersebut. Jika pertumbuhan terhenti, perkembangan daerah sekitarnya pun akan terhambat

Atas pemanfaatan sumber daya yang dimaksud, pemerintah lalu membangun sejumlah infrastruktur dasar dan pendukung di Sumatera, misalnya bandara, pelabuhan, hingga jalan tol. Harapannya proyek ini ikut mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional.

"Kelapa sawit, batu bara, dan lain-lain, ini saya harapkan teman-teman melihat ini kerja sama percepatan untuk memastikan pembukaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi," katanya.

"Gimana saudara kita di Sumatera, bukan karena Bapak saya orang Sumatera, tapi Sumatera harus punya kesempatan seperti Jawa yang punya jalan tol, punya pelabuhan, airport. Apalagi Sumatera salah satu sumber produksi sumber daya alam yang besar," lanjut dia.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2417 seconds (0.1#10.140)