KCJB Uji Kereta Inspeksi dan Penumpang Sekaligus

Senin, 26 Juni 2023 - 13:52 WIB
loading...
KCJB Uji Kereta Inspeksi dan Penumpang Sekaligus
Kereta cepat akan melakukan uji coba dua rangkaian sekaligus. Foto/KCIC
A A A
JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China ( KCIC ) melakukan pengujian menggunakan dua rangkaian kereta yang digandengkan. Rangkaian comprehensive inspection train (CIT) atau kereta inspeksi dan electric multiple unit (EMU) atau kereta penumpang.



Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengatakan, penggabungan ini dalam rangka menguji kemampuan prasarana KCJB, mulai dari jalur rel, persinyalan, kelistrikan, dan komunikasi sehingga bisa melayani dua rangkaian kereta cepat sekaligus.

Satu rangkaian KCJB terdiri dari 8 kereta penumpang dengan total kapasitas tempat duduk sebanyak 601 kursi. Dengan penggandengan dua rangkaian KCJB, maka total panjang rangkaiannya menjadi 16 kereta dan jumlah tempat duduk yang tersedia menjadi 1.202 kursi.

Emir menambahkan bahwa berdasarkan data, pengujian kali ini berjalan lancar dengan waktu tempuh dari Bekasi menuju Tegalluar memakan waktu sekitar 40 menit.

"KCIC bersama kontraktor akan terus melakukan pengujian untuk berbagai kondisi dalam rangka mempersiapkan pengoperasian KCJB. Paralel, KCIC bersama Kemenhub juga tengah mempersiapkan izin operasi KCJB guna memberikan layanan yang aman dan nyaman," katanya, Senin (26/6/2023).



Lebih lanjut, Emir mengatakan, penggabungan rangkaian tersebut nantinya juga akan dilakukan untuk mengantisipasi adanya lonjakan pada momen tertentu. "Utamanya untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada high season seperti mudik, Nataru, libur panjang, dan lainnya," tandas Emir.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1758 seconds (0.1#10.140)