Apa Itu IMF? Sejarah, Anggota, Tujuan dan Tugasnya

Selasa, 04 Juli 2023 - 08:30 WIB
loading...
A A A
IMF bertujuan untuk memfasilitasi kerjasama antara negara-negara anggota dalam hal kebijakan moneter. Dengan kerjasama ini, diharapkan dapat menciptakan kestabilan ekonomi dalam skala global.

2. Mempromosikan stabilitas nilai tukar antar negara

Sebagai pemegang kebijakan moneter, IMF berusaha penuh untuk menghindari fluktuasi nilai tukar yang berlebihan yang bisa mengganggu perdagangan internasional. Dengan nilai tukar yang stabil menjadikan perdagangan internasional berjalan dengan lancar.

3. Membantu pembangunan ekonomi

Hingga saat ini IMF terus memberikan bantuan keuangan kepada negara anggotanya untuk mengembangkan ekonomi mereka. Selain itu, organisasi ini juga memberikan bantuan teknis lainnya seperti pelatihan dan saran kebijakan.

4. Mencegah krisis ekonomi

IMF juga akan terus mencegah terjadinya krisis ekonomi dengan melakukan pemantauan dan analisis ekonomi secara rutin. Jika terdapat sebuah potensi krisis, maka IMF akan memberikan saran kebijakan kepada negara anggotanya itu.

Tugas Utama dari IMF

1. Bantuan Keuangan

Setiap tahunnya IMF akan memberikan bantuan keuangan kepada negara anggota yang meminjamnya. Bantuan ini diberikan dalam bentuk pinjaman dengan syarat-syarat tertentu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)