Yuk Kenali Si Komodo Merah, Kereta Cepat Jakarta-Bandung untuk Penumpang

Selasa, 04 Juli 2023 - 17:28 WIB
loading...
Yuk Kenali Si Komodo Merah, Kereta Cepat Jakarta-Bandung untuk Penumpang
Rangkaian penumpang KA Cepat Jakarta Bandung terlihat mewah dan nyaman. Foto/KCIC
A A A
JAKARTA - Kereta Cepat Jakarta-Bandung direncanakan akan beroperasi untuk penumpang secara gratis pada Agustus 2023 mendatang. Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengatakan, saat ini PT KCIC melalui kontraktor kereta cepat mulai mengujicobakan rangkaian electric multiple unit (EMU) atau rangkaian penumpang kereta cepat relasi Jakarta-Bandung.



Setelah pengujian dengan comprehensive inspection train (CIT) atau kereta inspeksi hingga 350 km per jam, saat ini pengujian sudah memasuki tahap selanjutnya, yaitu pengujian untuk rangkaian kereta penumpang dengan pola uji coba belum diperuntukkan mengangkut penumpang.

Yuk Kenali Si Komodo Merah, Kereta Cepat Jakarta-Bandung untuk Penumpang


Emir menjelaskan, rangkaian kereta penumpang KA cepat memiliki tipe KCIC400AF yang sama dengan kereta inspeksi namun berbeda fungsi, interior, dan eksterior. Pada kereta inspeksi dipenuhi ruang rapat dan peralatan pengukuran, sementara kereta penumpang berfungsi untuk melayani penumpang sehingga di dalamnya terdapat fasilitas tempat duduk hingga 601 kursi.

"Selain interiornya, perbedaan juga terlihat pada eksterior. Kereta inspeksi berwarna abu-abu dan kuning, sementara kereta penumpang berwarna abu-abu dan merah," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (4/7/2023).

Emir menambahkan kereta penumpang juga memiliki nama Red Komodo atau Komodo Merah. Penamaan itu didasari dari rangkaian yang berwarna merah serta bentuknya yang terinspirasi dari hewan khas Indonesia dari zaman prasejarah itu.

Yuk Kenali Si Komodo Merah, Kereta Cepat Jakarta-Bandung untuk Penumpang


Eksterior kereta penumpang juga terinspirasi dari sisik komodo yang tecermin dalam corak segitiga di hidung dan pintu-pintu kereta.

11 rangkaian kereta penumpang KA cepat telah tiba seluruhnya di Indonesia. Seluruh rangkaian saat ini terparkir di Depo Tegalluar dan bersiap untuk disertifikasi oleh Kementerian Perhubungan guna memastikan kelayakan operasional kereta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1446 seconds (0.1#10.140)