Turun 86 Poin, Rupiah Hari Ini Kembali Ditutup Melemah ke Rp15.142

Jum'at, 07 Juli 2023 - 15:49 WIB
loading...
A A A
"Tak hanya itu, penurunan ekonomi yang terjadi sifatnya drastis atau menurun tajam. Dan pertumbuhan global akan menurun dari 3 persen tahun lalu menjadi sekitar 2 persen. Dalam kasus ekonomi maju, mengalami perlambatan bahkan lebih dalam," kata Ibrahim.

Beberapa alasan yang menyebabkan perlambatan ekonomi, salah satunya kebijakan moneter yang ketat yang sudah terjadi selama 18 bulan terakhir. Selain itu, tantangan perbankan, kondisi kredit yang memburuk, juga perdagangan global yang melambat sangat tajam turut mempengaruhi penurunan ekonomi global.



Semakin banyak negara yang merasakan dampak pengetatan kondisi keuangan. Inflasi, meski telah turun, masih tinggi. Sehingga mempengaruhi permintaan. Selain itu, tantangan perbankan, kondisi kredit yang memburuk, juga perdagangan global yang melambat sangat tajam turut mempengaruhi penurunan ekonomi global.

Kemudian dampak operasi khusus Rusia ke Ukraina, semakin memperparah kondisi ekonomi global sehingga ada masalah kepercayaan secara keseluruhan dan prospek yang tidak pasti yang mengurangi investasi di suatu negara, membuat perlambatan ekonomi semakin nyata.

Dengan sentimen yang ada tersebut, untuk perdagangan Senin (10/7/2023) pekan depan, rupiah diperkirakan bergerak fluktuatif namun tetap ditutup melemah di rentang Rp15.130 - Rp15.210.
(nng)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1155 seconds (0.1#10.140)