Goldman Sachs Ramal Ekonomi India Bakal Melompati Jepang, Jerman hingga AS

Selasa, 11 Juli 2023 - 07:25 WIB
loading...
Goldman Sachs Ramal Ekonomi India Bakal Melompati Jepang, Jerman hingga AS
Selain itu bank investasi dan jasa keuangan multinasional asal Amerika itu juga memperkirakan, India tidak hanya bakal melompati Jepang dan Jerman, tetapi juga Amerika Serikat (AS). Foto/Dok
A A A
NEW DELHI - Goldman Sachs meramalkan, India siap menjadi ekonomi terbesar kedua di dunia pada tahun 2075. Selain itu bank investasi dan jasa keuangan multinasional asal Amerika itu juga memperkirakan, India tidak hanya bakal melompati Jepang dan Jerman, tetapi juga Amerika Serikat (AS) .



Saat ini, India merupakan ekonomi terbesar kelima di dunia, di belakang Jerman, Jepang, China dan AS. Seiring populasi yang berkembang, faktor lain yang menunjang proyeksi India menjadi negara maju adalah dalam inovasi dan teknologi.



Ditambah investasi modal yang lebih tinggi dan meningkatnya produktivitas pekerja, menurut Goldman Sachs bakal menjadi dasar kemajuan India. Hal ini disampaikan dalam sebuah laporan baru-baru ini seperti dilansir CNBC.

"Selama dua dekade ke depan, rasio ketergantungan India akan menjadi salah satu yang terendah di antara ekonomi regional," kata ekonom Goldman Sachs Research India, Santanu Sengupta.

Rasio ketergantungan suatu negara diukur dengan melihat jumlah tanggungan terhadap total populasi usia kerja. Rasio ketergantungan yang rendah menunjukkan, bahwa ada lebih banyak orang dewasa usia kerja yang secara proporsional mampu mendukung kaum muda dan lanjut usia.

Sengupta menambahkan, bahwa kunci untuk menarik potensi populasi India yang berkembang pesat adalah dengan meningkatkan partisipasi tenaga kerjanya. Dan Sengupta memprediksi, bahwa India akan memiliki salah satu rasio ketergantungan terendah di antara ekonomi besar selama 20 tahun ke depan.

"Jadi itu benar-benar jendela bagi India untuk melakukannya dengan benar dalam hal menyiapkan kapasitas produksi, terus menumbuhkan layanan, serta melanjutkan pertumbuhan infrastruktur," katanya.

Pembangunan infrastruktur menjadi prioritas pemerintah India, terutama dalam pembuatan jalan dan kereta api. Anggaran negara baru-baru ini bertujuan melanjutkan program pinjaman tanpa bunga 50 tahun kepada pemerintah negara bagian untuk memacu investasi di bidang infrastruktur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1830 seconds (0.1#10.140)