50 Ekonomi Terbesar di Dunia Tahun 2023, Indonesia Urutan Berapa?

Kamis, 13 Juli 2023 - 10:22 WIB
loading...
50 Ekonomi Terbesar di Dunia Tahun 2023, Indonesia Urutan Berapa?
Abad ke-21 dijuluki oleh para ahli ekonomi sebagai Abad Asia, dimana China dan India kini sudah termasuk di antara lima ekonomi terbesar di dunia. Berikut daftar 50 ekonomi terbesar di dunia saat ini. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Dalam beberapa dekade terakhir, kita telah menyaksikan pergeseran dalam kekuatan ekonomi global , dari negara maju menuju pasar negara berkembang. Abad ke-21 dijuluki oleh para ahli ekonomi sebagai Abad Asia, dimana China dan India kini sudah termasuk di antara lima ekonomi terbesar di dunia.



China merupakan ekonomi terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat. Sedangkan India sekarang memiliki ekonomi yang mendekati USD4 triliun dan menampung raksasa teknologi global seperti Apple Inc. (NASDAQ:AAPL), Microsoft Corporation (NASDAQ:MSFT), Alphabet Inc. (NASDAQ:GOOG), dan Twitter yang mempekerjakan ribuan orang.



Menurut Forum Ekonomi Dunia (WEF), Asia yang merupakan rumah bagi hampir setengah dari populasi dunia, kemungkinan akan menghasilkan lebih dari 50% PDB dunia pada tahun 2040. Benua ini menyumbang hampir sepertiga dari total pendapatan dunia, dimana nilai perdagangan naik dari sekitar seperempat dekade yang lalu.

China dan India telah diramalkan oleh PwC untuk menjadi dua ekonomi terbesar dunia pada tahun 2050, melewati Amerika Serikat. Bagian Uni Eropa dari PDB global kemungkinan akan berkurang menjadi hanya 9%, dengan Prancis diramalkan keluar dari 10 besar, dan Italia dari 20 ekonomi terbesar di dunia.

Indonesia juga diproyeksikan menjadi salah satu dari tujuh ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2050. Vietnam dan Filipina diperkirakan juga akan mengambil langkah yang sama dalam beberapa dekade mendatang. Sementara itu Pakistan dapat menjadi kekuatan ekonomi terbesar keenam pada tahun 2075, menurut The Goldman Sachs Group, Inc. (NYSE:GS).

Memakai nilai Produk Domestik Bruto (PDB) untuk menentukan peringkat 50 ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2023. Data tersebut bersumber dari Dana Moneter Internasional (IMF). Berikut adalah daftar ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2023 :

50. Portugal

PDB: USD252 miliar

Daftar ini dimulai dengan Portugal, negara Eropa selatan yang berbatasan dengan Spanyol. Perekonomian di negara ini telah bangkit kembali dari resesi yang disebabkan pandemi Covid-19. Pertumbuhan tersebut didorong oleh permintaan domestik yang kuat dan sektor pariwisata yang kembali menggeliat di negara tersebut. PDB Portugal diperkirakan akan tumbuh sebesar 2,4% pada tahun 2023.

49. Irak

PDB: USD270 miliar

Irak pada tahun 2022 mencatat pertumbuhan PDB sebesar 8%. Salah satu penopang utamanya adalah peningkatan produksi minyak Irak sebesar 12% sebagaimana dicatat oleh IMF, ditambah lonjakan harga minyak di seluruh dunia menjadi angin segar bagi perekonomian Irak.

48. Finlandia

PDB: USD281 miliar
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3400 seconds (0.1#10.140)