Wusss, Jokowi: Indonesia Diramal Jadi Negara yang Pemulihan Ekonominya Tercepat

Selasa, 28 Juli 2020 - 09:43 WIB
loading...
Wusss, Jokowi: Indonesia Diramal Jadi  Negara yang Pemulihan Ekonominya Tercepat
Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengingatkan bahwa saat ini situasi ekonomi global berkembang sangat dinamis dan penuh ketidakpastian. Beberapa lembaga keuangan dunia juga selalu merevisi prediksi-prediksi atas pertumbuhan ekonomi global di tahun 2020 maupun perkiraan di tahun 2021.

“Artinya sekali lagi, masih penuh... penuh dengan ketidakpastian,” katanya saat membuka rapat terbatas secara virtual, Selasa (28/7/2020).

Meski begitu di tahun 2021 mendatang, baik IMF, Bank dunia maupun OECD meyakini bahwa perekonomian akan tumbuh positif. IMF sendiri memperkirakan ekonomi dunia akan tumbuh 5,4%. Sementara Bank Dunia 4,2% dan OECD 2,8-5,2%. ( Baca juga: Jokowi Telepon Bank Dunia hingga OECD, Sebut Proyeksi Ekonomi Tiap Hari Berubah )

“Saya kira kalau perkiraan ini betul kita akan berada pada posisis ekonomi yang juga mestinya di atas pertumbuhan ekonomi dunia,” ungkapnya.

Bahkan Jokowi menyebut Indonesia masuk dalam kelompok negara yang diproyeksikan pemulihan ekonominya cepat.

“Indonesia diproyeksikan masuk ke kelompok dengan pemulihan ekonomi tercepat setelah Cina. Ini juga kalau proyeksi ini benar patut kita syukuri,” tuturnya.

Namun, Jokowi tetap memperingatkan bahwa harus ada kewaspadaan terhadap terjadinya gelombang kedua Covid-19 dan ketidakpastian ekonomi global di tahun 2021.

“Kita harus tetap waspada kemungkinan dan antisipasi kita terhadap risiko terjadinya gelombang kedua, second wave dan masih berlanjutnya ketidakpastian ekonomi global di tahun 2021,” pungkasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1116 seconds (0.1#10.140)