Industri Perikanan seharusnya Jadi Ujung Tombak Perekenomian

Selasa, 28 Juli 2020 - 11:01 WIB
loading...
Industri Perikanan seharusnya Jadi Ujung Tombak Perekenomian
Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Rosan Roeslani, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin), menyatakan bahwa potensi bisnis perikanan saat ini sangat besar. Apalagi diamati saat masa pandemi, sektor perikanan kerap dilirik dunia usaha. Pernyataan itu disampaikan Rosan saat berkunjung ke Perum Perikanan Indonesia (Perum Perindo)

“Di Perindo potensi bisnis dari hulu ke hilir dapat dikembangkan secara maksimal, mulai dari penangkapannya, cold storage, pendistribusiannya, serta peningkatan kerja sama antar dunia usaha untuk mengembangkan bisnis perikanan,” kata Rosan di Jakarta, dalam keterangan tertulisnya yang diterima Selasa (28/7/2020).

Sementara itu, Direktur Utama Perum Perindo Fatah Setiawan Topobroto mengatakan, Kadin berperan besar dalam dunia usaha termasuk sektor perikanan. Menurutnya, kunjungan Kadin merupakan langkah awal untuk membangun komunikasi. ( Baca juga: Ciptaker Klaster Ketenagakerjaan, Menaker: Pemerintah Paham Pengusaha dan Buruh )

"Jadi bisa mensinergikan dunia usaha perikanan, sehingga mampu berkolaborasi secara holistik baik dengan instansi pemerintah maupun pihak swasta dalam mengembangkan bisnis perikanan,” kata Fatah disela-sela kegiatan kunjungan Kadin.

Menurut Rosan, Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta di Muara Baru dinilai cocok dan pas secara infrastruktur untuk bisnis perikanan. Ditambah lagi di pelabuhan perikanan ini dilengkapi dengan sarana pendukung perikanan yang terintegrasi, mulai dari dock kapal, cold storage, pabrik es, bahan bakar minyak (BBM) juga tersedia, pelelengan Ikan hingga pendistribusiannya di Pasar Ikan Modern Muara Baru.

“Indonesia memiliki kekayaan laut dan ikan, mestinya bisa menjadi ujung tombak saat ini dan ke depannya, karena potensinya besar”, pesan Rosan.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1523 seconds (0.1#10.140)