Sinergi Logistik untuk Turut Membangun IKN Nusantara

Kamis, 20 Juli 2023 - 18:45 WIB
loading...
Sinergi Logistik untuk Turut Membangun IKN Nusantara
PT Pos dan Bina Karya jalin kerja sama pengembangan IKN. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Perusahaan BUMN dan Badan Usaha Otorita bersinergi, Pos Indonesia , dan Bina Karya sepakat berkomitmen dalam mempersiapkan pembangunan dan pengembangan Ibu Kota Negara ( IKN ) Nusantara, khususnya mempersiapkan logistics hub. Bina Karya merupakan pengembang utama (master developer) yang diberi kewenangan sebagai Badan Usaha Otorita untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dalam melakukan kegiatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan ibu kota.



Pos Indonesia akan berperan penting dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan infrastruktur dan ekosistem logistik seperti logistic hub, pergudangan, semua layanan terkait jasa kurir dan logistik, serta kegiatan portofolio bisnis Pos Indonesia lainnya yang dapat mendukung pencapaian pembangunan, pengembangan dan pemindahan ibu kota di wilayah IKN Nusantara.

Penandatanganan kerja sama antara Pos Indonesia dan Bina Karya dilakukan di Jakarta pada Kamis, 20 Juli 2023 oleh Faizal Rochmad Djoemadi, Direktur Utama Pos Indonesia, dan Boyke Prasetyanto, Direktur Utama Bina Karya.

"Pos Indonesia siap dan mampu memberikan kontribusi terbaik untuk membantu Bina Karya dalam proses pemindahan ibu kota, serta membangun dan mengembangkan infrastruktur dan ekosistem yang dibutuhkan bagi IKN Nusantara," kata Faizal Rochmad Djoemadi.

Sementara Boyke Prasetyanto menyambut antusias sinergi Bina Karya dan Pos Indonesia sebagai langkah percepatan yang dibutuhkan dalam mempersiapkan, membangun dan mengembangkan IKN sebagai ibu kota.

Prasabri Pesti, Direktur Business Development dan Portfolio Management Pos Indonesia, menambahkan bahwa pihaknya akan membangun infrastruktur logistik dengan konsep Green Logistics untuk mendukung visi IKN Nusantara sebagai Loveable City.

"Dalam kesempatan pertama Pos Indonesia bersama Bina Karya akan mendukung kebutuhan logistik untuk pemindahan ASN, kementerian dan lembaga ke IKN, juga dukungan logistik lain bagi proses pembangunan IKN," jelas Prasabri.

Bondan Pristiwandana, Direktur Pengembangan Usaha dan Investasi Bina Karya, melengkapi selain pengangkutan dokumen dan barang milik Kementerian dan kelembagaan, ke depannya secara bersama akan membentuk kerja sama operasi (KSO).



Sesuai dengan visi IKN Nusantara sebagai ‘Kota Dunia Untuk Semua’, kolaborasi Pos Indonesia dan Bina Karya diharapkan mampu menghadirkan Ibu Kota Nusantara sebagai kota cerdas dengan konsep future smart forest city yang berbasis inovasi dan teknologi.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2005 seconds (0.1#10.140)