Daftar 10 Presiden AS Terkaya dalam Sejarah

Selasa, 22 November 2016 - 05:39 WIB
Daftar 10 Presiden AS Terkaya dalam Sejarah
Daftar 10 Presiden AS Terkaya dalam Sejarah
A A A
Amerika Serikat (AS) baru saja telah menggelar pemilihan presiden, Donald Trump dari Partai Republik terpilih menjadi presiden AS ke 45 dengan mengalahkan Hillary Clinton dari Partai Demokrat.

Namun, dari sekian banyak presiden AS, seperti dikutip dari Fool.com, Senin (21/11/2016), Trump menjadi presiden AS terkaya sejauh ini. Berikut daftar 10 presiden terkaya dalam sejarah AS.
Daftar 10 Presiden AS Terkaya dalam Sejarah

1. Donald J Trump dengan kekayaan USD3,7 miliar

Meskipun Trump akan menjadi presiden terkaya AS. Namun, karena dia belum merilis pernyataan pajaknya, maka kekayaannya diestimasikan mencapai USD3,7 miliar.

2. John F Kennedy dengan kekayaan USD1 miliar


Kennedy hidup nyaman bersama keluarga berbagi dengan saudara-saudaranya, tapi dia tidak pernah mampu mewarisi kekayaan besar ayahnya, Joseph P Kennedy, telah terakumulasi selama karir bisnisnya.
Keterlibatan orang tua Kennedy dalam berbagai urusan bisnis di perbankan, investasi, hiburan membantu menyediakan platform keuangan untuk membuat salah satu dinasti politik paling penting dalam sejarah Amerika.

3. George Washington dengan kekayaan USD525 juta

Presiden pertama Amerika Serikat memiliki areal perkebunan Mount Vernon dengan luas 7.000 are yang dikelola 300 pekerja. Kepemilikannya meluas mencakup bidang tanah di Ohio Valley, New York, dan District of Columbia, di samping investasi lain.

4. Thomas Jefferson dengan kekayaan USD212 juta

Jefferson mewarisi tanah yang akan dibangun perkebunan di Virginia, Monticello, yang memberikan keberuntungan besar bagi presiden ketiga AS ini. Total lebih dari 5.000 hektare.

Namun, dia akhirnya menghadapi utang berat di kemudian hari, memaksa keluarganya untuk menjual real di tahun-tahun berikutnya.

5. Theodore Roosevelt dengan kekayaan USD125 juta

Theodore Roosevelt lahir dari keluarga kaya dan terpandang. Tidak seperti ayahnya yang seorang pengusaha. Sebaliknya, dia hidup dari uang yang datang setelah kematian ayahnya dan politik masuk pada usia dini, akhirnya menjadi salah satu presiden paling terkenal dalam sejarah AS.

6. Andrew Jackson dengan kekayaan USD119 juta

Presiden AS ketujuh ini juga mendapatkan kekayaan cukup melalui kepemilikan perkebunan Hermitage di Tennessee. Meskipun dia terlibat dalam usaha lainnya selama hidupnya, mayoritas kekayaannya datang dari industri kapas yang diproduksi.

7. James Madison dengan kekayaan USD101 juta

Seperti banyak presiden AS lainnya, Madison memiliki kekayaam karena mempunyai tanah cukup luas. Namun, dia sebagai pemilik tanah terbesar di Virginia Orange County selama hidupnya, Madison meninggalkan jabatan presiden lebih miskin daripada saat dia masuk.

Di akhir hidupnya, penurunan harga tembakau dan salah urus oleh kerabatnya menempatkan beban keuangan yang akut. Madison dan istrinya, Dolley, secara bertahap menjual tanah kepemilikan dari perkebunan Montpelier mereka.

8. Lyndon B Johnson dengan kekayaan USD98 juta

Johnson dibesarkan cukup miskin di pedesaan Texas. Mayoritas kekayaannya berasal dari istrinya, Claudia, dikenal sebagai Lady Bird.

Lady Bird menginvestasikan bagian dari warisan ke dalam stasiun radio dan TV di Texas. Awalnya memiliki kekayaan sebesar USD41.000 dan investasinya naik menjadi USD150 juta.

Sejarawan telah mencatat bahwa Johnson hampir pasti memanfaatkan pengaruh politiknya untuk membantu kepentingan bisnis keluarganya, terutama ketika dia melobi FCC sebagai senator AS untuk memberikan hak siaran eksklusif daerah Austin untuk kepemilikan TV keluarganya.

9. Bill Clinton dengan kekayaan USD80 juta


Clinton, yang lebih muda dari rata-rata presiden AS, telah mengumpulkan sebagian besar kekayaan pribadi dan keluarganya sejak meninggalkan Oval Office pada usia 54.

Setelah kembali ke kehidupan pribadi, Clinton telah menerima uang dalam jumlah besar dari penawaran buku dan ceramah umum. Dia dilaporkan menerima uang muka sebesar USD15 juta untuk memoarnya My Life, dan biaya pemesanan sebagai pembicara publik.

10. Herbert Hoover dengan kekayaan USD75 juta


Presiden AS ke 31 ini membuat sebagian besar kekayaannya sebagai eksekutif pertambangan. Setelah lulus dari Stanford University dengan gelar di bidang geologi, Hoover naik pangkat dari berbagai perusahaan pertambangan di lokasi yang beragam seperti California, Australia Barat, dan China.

Membantu menemukan sebuah perusahaan yang akhirnya akan menjadi bagian dari Rio Tinto Group publik, Hoover dikabarkan untuk mengontrol operasi pertambangan di enam benua, mengakibatkan keberuntungan besar sebelum terjadinya Perang Dunia Pertama dan akhirnya masuk ke dalam kehidupan politik.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8157 seconds (0.1#10.140)