Bahlil Tegur Keras IMF: Mereka Tidak Ingin Negara Kita Maju

Jum'at, 21 Juli 2023 - 20:12 WIB
loading...
Bahlil Tegur Keras IMF: Mereka Tidak Ingin Negara Kita Maju
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menegur keras Dana Moneter Internasional (IMF) yang ikut campur terkait kebijakan hilirisasi yang sedang dijalankan Pemerintah Indonesia. Dia menyebut IMF tidak ingin negara Indonesia maju karena meminta Indonesia melonggarkan kebijakan larangan ekspor mineral mentah seperti nikel yang telah dilakukan sejak 2020 lalu.

"Beberapa lembaga negara merekomendasikan kepada pemerintah Indonesia untuk secara bertahap melakukan peninjauan kembali terhadap larangan ekspor komoditas dan jangan diperluas. Jadi lembaga-lembaga ini tidak ingin negara kita maju," ujar dia dalam Konferensi Pers Realisasi Investasi Triwulan II tahun 2023 di Jakarta, Jumat (21/7/2023).



Dia menegaskan hilirisasi saat ini tengah didorong secara masif. Bahlil menyebut seandainya hilirisasi tidak ada manfaatnya untuk Indonesia, pasti lembaga-lembaga asing tersebut tidak akan memberikan rekomendasi-rekomendasi semacam itu. "Jadi ini mereka membuat antitesa," tandas Bahlil.

Terkait hilirisasi, Bahlil akan terus mendorong dengan beragam insentif. Dia memastikan cara agar sebuah negara bisa menjadi maju, yaitu melalui hilirisasi.



"Saya melihat tidak ada cara lain memang negara-negara maju itu harus melakukan proses industrialisasi lewat hilirisasi," jelasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2169 seconds (0.1#10.140)