Indonesia dan Hong Kong Terus Perkuat Hubungan Bisnis

Rabu, 26 Juli 2023 - 18:52 WIB
loading...
Indonesia dan Hong Kong Terus Perkuat Hubungan Bisnis
Para pebisnis Indonesia dan Hong Kong akan terus memperkuat kerja sama. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia dan Hong Kong terus memperkuat hubungan bilateral di sektor bisnis dan kebudayaan. Bidang usaha yang dikerjasamakan di antaranya keuangan, perdagangan, dan teknologi.



Kerja sama ditandai dengan penandatanganan 16 memorandum of understanding (MoU), saat delegasi bisnis Hong Kong, yang diselenggarakan Hong Kong Trade Development Council (HKTDC), berkunjung ke Indonesia.

Chief Executive Hong Kong Special Administrative Region HKSAR, John Lee mengatakan, ASEAN adalah mitra dagang terbesar kedua Hong Kong secara global. Di antara negara-negara ASEAN, Indonesia yang paling besar. Dia memastikan keberadaan delegasi Hong Kong di Tanah Air sekaligus memperkuat kerja sama ekonomi jangka panjang untuk pertumbuhan bersama.

"Kami di sini untuk mengonsolidasikan persahabatan kami dengan Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya. Kami ingin memperkuat kerja sama jangka panjang kami untuk pertumbuhan bersama," ujar Lee saat konferensi pers, Rabu (26/7/2023).

"Lebih penting lagi, kami ingin memberi tahu teman-teman kami di sini tentang kisah-kisah bagus dan terbaru tentang Hong Kong," lanjut dia.

Delegasi Hong Kong beranggotakan 30 orang terdiri dari para pemimpin bisnis dari organisasi, kamar dagang, dan perusahaan besar asal negara itu. Mereka melakukan lawatan bisnis selama seminggu di negara ASEAN untuk memperkuat hubungan.

Lalu, memperluas jaringan dan mendiskusikan kerja sama yang memanfaatkan kebijakan baru di Hong Kong untuk menarik investasi dan potensi bisnis, Guangdong-Hong Kong-Macao Greater Bay Area (GBA), Belt and Road Initiative, dan perjanjian kerja sama baru seperti Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).

Selama di Indonesia, delegasi mengunjungi perusahaan-perusahaan besar, bertemu para pejabat untuk memahami perkembangan Indonesia.

Senada, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyebut, kunjungan delegasi Hong Kong ke Indonesia semakin memperkuat kerja sama bisnis antara kedua negara. Menurutnya, Hong Kong menjadi mitra dagang strategis saat ini.



"Hong Kong adalah mitra dagang penting bagi Indonesia, dan saya optimistis hubungan Indonesia-Hong Kong akan semakin kuat dan saling menguntungkan," tutur Jerry.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2044 seconds (0.1#10.140)