Wujud Komitmen Terapkan Program TJSL lewat Program Saling Sapa

Kamis, 27 Juli 2023 - 10:32 WIB
loading...
Wujud Komitmen Terapkan Program TJSL lewat Program Saling Sapa
Sejumlah perusahaan terus meningkatkan kontribusinya untuk masyarakat. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sebagai bagian dari BUMN yang berkomitmen menerapkan program tanggung jawab sosial lingkungan ( TJSL ) PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) selalu berupaya meningkatkan kontribusi pada bidang pendidikan dan lingkungan. Salah satu upaya itu adalah menggelar program Sumber Air dan Lingkungan Terjaga untuk Masa Depan (Saling Sapa) Tahun 2023 melalui inisiatif Employee Voluntary Initiation (Evolution).



Program yang dilaksanakan di Embung Pupuk Kaltim dan SDN 014 Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, ini mencakup sejumlah inisiatif penting. Salah satunya adalah peluncuran program pipanisasi akses air bersih di IKN Nusantara dan program pembelajaran mengenai lingkungan oleh relawan karyawan Pupuk Kaltim untuk siswa SDN 014 Sepaku.

Direktur Operasional PT Pupuk Kaltim Hanggara Patrianta menyatakan komitmen untuk membantu keberlanjutan masyarakat sekitar. Salah satunya melalui program pembibitan yang juga merupakan bagian dari usaha perusahaan dalam penurunan karbon pabrik selain penyediaan akses air bersih.

"Pendampingan dalam pendidikan juga sangat penting, dan kami menyadari bahwa bidang ini membutuhkan banyak dukungan," kata Hanggara, dalam keterangan tertulis, Kamis (27/7/2023).

Sejalan dengan itu, Sekretaris Perusahaan PT Pupuk Kaltim, Teguh Ismartono menambahkan, tugas utama perusahaan sebagai bagian dari BUMN selain mencari keuntungan adalah memberdayakan masyarakat sekitar, yang sejalan dengan arahan Kementerian BUMN.

"Fokus kami ada pada tiga sektor, sumber daya manusia, lingkungan, dan UMKM, " jelasnya.

Ke depan, dukungan masyarakat sekitar, pemerintah daerah dan pemerintah pusat terus diperlukan agar proses bisnis berjalan lebih baik. "Tentunya kalau performa dan keuntungan lebih baik, kontribusi terhadap masyarakat sekitar lebih besar juga," paparnya.

Antusiasme masyarakat dinilai sangat baik sekali atas kehadiran Pupuk Kaltim melalui program-program yang telah berjalan. Diharapkan dukungan baik ke depannya bagi perusahaan dapat membuat perusahaan semakin dikenal masyarakat terutama dalam mendukung kesuksesan IKN dan Kota Bontang sebagai daerah penyangga IKN.

Melalui inisiatif ini, Pupuk Kaltim turut membuka peluang bagi para karyawan untuk berpartisipasi secara langsung dalam berbagai program yang berdampak sosial dan lingkungan. Inisiatif-inisiatif ini tidak hanya menunjukkan komitmen Pupuk Kaltim terhadap pendidikan dan lingkungan, tetapi juga mencerminkan prinsip environment, social dan governance (ESG) yang terus dikedepankan dalam aktivitas bisnis perusahaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1385 seconds (0.1#10.140)