Wall Street Ditutup Melemah, Dow Jones Hentikan Kemenangan Beruntun

Jum'at, 28 Juli 2023 - 07:13 WIB
loading...
Wall Street Ditutup Melemah, Dow Jones Hentikan Kemenangan Beruntun
Wall Street berakhir melemah pada perdagangan Kamis (27/7/2023). FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Wall Street berakhir lebih rendah pada perdagangan Kamis (27/7/2023) waktu setempat, setelah berita bahwa Bank of Japan akan mengizinkan kenaikan suku bunga jangka panjang mendorong imbal hasil AS lebih tinggi. Hal itu juga menghentikan kemenangan beruntun terpanjang untuk Dow Jones sejak 1987.

Mengutip Reuters, Dow Jones Industrial Average (.DJI) turun 237,4 poin, atau 0,67%, menjadi 35.282 S&P 500 (.SPX) kehilangan 29,29 poin, atau 0,64%, menjadi 4.537,46 dan Nasdaq Composite (.IXIC) turun 77,18 poin, atau 0,55%, menjadi 14.050,11.



Surat kabar Nikkei melaporkan bank sentral akan mempertahankan batas 0,5% untuk imbal hasil obligasi pemerintah 10 tahun, tetapi membahas kemungkinan kenaikan suku bunga jangka panjang di atas level tersebut pada tingkat tertentu. Reuters mengonfirmasi bahwa bank sentral mungkin melakukan perubahan kecil untuk memperpanjang umur kebijakan pengendalian hasil.

Kepala strategi investasi di Simplify Asset Management Michael Green mengatakan laporan rencana Bank of Japan adalah pendorong terbesar di balik kinerja Wall Street pada hari Kamis. Suku bunga yang lebih tinggi di Jepang mendorong imbal hasil 10 tahun AS lebih dari 4% dan mengurangi daya tarik saham.

Federal Reserve AS pada Rabu menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin seperti yang diharapkan. Pedagang sekarang hanya melihat peluang 20% bahwa Fed dapat mengejutkan dengan kenaikan seperempat poin di bulan September. FEDWATCH

Ketua Fed Jerome Powell mengatakan pada hari Rabu bahwa staf Fed tidak lagi memperkirakan resesi AS, tetapi tidak mengesampingkan kenaikan suku bunga lainnya, mengatakan Fed akan mengikuti data ekonomi di masa depan.

Pada hari Kamis, laporan Departemen Perdagangan menunjukkan ekonomi AS tumbuh lebih cepat dari yang diperkirakan pada kuartal terakhir, dengan pembacaan produk domestik bruto lanjutan sebesar 2,4%, di atas perkiraan 1,8% oleh para ekonom yang disurvei oleh Reuters.

Kim Rupert, direktur pelaksana pendapatan tetap global di Action Economics di San Francisco, mengatakan data ekonomi yang kuat pada hari sebelumnya juga membuat pasar menilai kembali posisinya setelah Federal Reserve sedikit meningkatkan prospek pertumbuhannya pada hari Rabu.

"Pasar sedang melihat peningkatan potensi untuk kenaikan suku bunga Fed lainnya yang sebagian besar telah diantisipasi. Sekarang harganya kembali masuk," kata Rupert, yang mengharapkan kenaikan suku bunga Fed pada bulan September.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2626 seconds (0.1#10.140)