UMKM Sahabat Sandi Gandeng Kampus Shopee Beri Pelatihan Cara Ekspor Produk

Jum'at, 28 Juli 2023 - 08:30 WIB
loading...
UMKM Sahabat Sandi Gandeng Kampus Shopee Beri Pelatihan Cara Ekspor Produk
UMKM Sahabat Sandi berkolaborasi dengan Kampus UMKM Shopee menggelar program pelatihan cara mengekspor produk UMKM. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - UMKM Sahabat Sandi berkolaborasi dengan Kampus UMKM Shopee menggelar program pelatihan cara mengekspor produk UMKM ke luar negeri. Kerja sama tersebut dilakukan di Kampus Shopee Makassar.

"Kegiatan ini bekerjasama dengan Kampus UMKM Shopee agar produk-produk unggulan dapat di ekspor ke luar negeri tanpa ribet dan biaya di tanggung oleh buyer. Para UMKM yang mengikuti pelatihan sudah memiliki toko di Shopee dan tertarik untuk menjual produk usaha mereka agar dikenal di berbagai negara yang bekerjasama dengan Shopee," ujar Ketua UMKM Sahabat Sandi Makassar Ethy Wirdaningsih dalam pelatihan UMKM bertajuk Cara Ekspor Barang ke Luar Negeri, di Kampus UMKM Shopee Makassar, Sulsel, Kamis (27/7/2023).



Dia mengatakan sinergi tersebut berkomitmen dalam mendorong UMKM naik kelas dan mendukung transformasi digitalisasi terbesar dan tercepat. UMKM diajarkan bagaimana membuka toko online sampai mengakses pasar global untuk mendorong ruang pelaku usaha agar bisa berkembang dengan menambah wawasan bisnis digital.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan produk-produk UMKM dapat go internasional. Ia pun menambahkan para pelaku usaha dapat meningkatkan income dengan membuka toko online.

"Pelatihan-pelatihan ini diadakan bagi para pelaku UMKM dari yang pemula untuk membuka toko sampai bisa ekspor ke macam-macam negara. Setelah kegiatan berharap ada yang produk UMKM Sulawesi Selatan ada yang berhasil Go Internasional," ungkap Ethy.



Dia mengatakan kolobaroasi UMKM dengan e-commerce merupakan inisasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Dia berharap menparekraf dapat membuka akses link ekspor bagi UMKM-UMKM di Indonesia.

"Pak Sandi terus mendorong program-program untuk membantu UMKM di seluruh Indonesia. Harapannya juga memberikan link UMKM untuk ekspor ke luar negeri," kata dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2926 seconds (0.1#10.140)