Genjot Konversi Motor Listrik, Potensi Penghematan BBM Bisa Capai 51,6 Juta Barel/Tahun

Minggu, 30 Juli 2023 - 16:23 WIB
loading...
Genjot Konversi Motor Listrik, Potensi Penghematan BBM Bisa Capai 51,6 Juta Barel/Tahun
Kepala Balai Besar Survey dan Pengujian Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementerian ESDM, Senda Hurmuzan saat Sosialisasi Konversi Motor BBM ke Motor Listrik. Foto/Dok
A A A
BALI - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan, potensi penghematan BBM (Bahan Bakar Minyak) dari kebijakan konversi motor listrik sangat besar. Diterangkan juga, penerapan kendaraan listrik di sektor transportasi dengan program konversi menjadi salah satu upaya Pemerintah untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencapai target Net Zero Emission pada tahun 2060 atau lebih cepat.



Lonjakan populasi kendaraan roda dua menjadi alasan pemerintah menggenjot konversi motor BBM menjadi motor listrik. Tercatat angka populasi motor sudah mencapai lebih dari 120 juta lebih dan tren pertumbuhan menunjukan 5-6% setiap tahun.

"Jika kita bicara emisi. Setiap 1 liter BBM menghasilkan 2,5 kilogram emisi. Jadi kalau 120 juta sepeda motor, sekitar 300 juta kilogram perhari dan dalam hal potensi penghematan BBM dapat mencapai 51,6 juta barel/tahun (asumsi 1 motor menghemat BBM 354 liter/tahun dan menurunkan emisi 0,7 ton CO2/tahun)," papar Kepala Balai Besar Survey dan Pengujian Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementerian ESDM, Senda Hurmuzan.



Hal itu disampaikan saat "Sosialisasi Konversi Motor BBM ke Motor Listrik” di Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Lapangan Niti Mandala Renon, Bali, Minggu (30/7/2023). Acara tersebut diselenggarakan dalam rangka percepatan target 50 ribu unit sepeda motor BBM konversi menjadi sepeda motor listrik berbasis baterai pada tahun 2023.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk dapat meningkatkan animo masyarakat untuk mengkonversi sepeda motor BBM-nya menjadi sepeda motor listrik dengan mengetahui bagaimana proses konversi sampai dengan Uji Tipe dan terbitnya surat kendaraan listrik yang nanti dapat dilihat pada coaching clinic pada acara sosialisasi ini," ujarnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1797 seconds (0.1#10.140)