AS Balas Moskow? JPMorgan Setop Layani Pembayaran Ekspor Pangan Rusia

Selasa, 08 Agustus 2023 - 09:06 WIB
loading...
AS Balas Moskow? JPMorgan Setop Layani Pembayaran Ekspor Pangan Rusia
Bank asal Amerika Serikat (AS), JPMorgan pada pekan ini menghentikan pemrosesan pembayaran untuk Bank Pertanian Rusia. Foto/Dok
A A A
MOSKOW - Bank asal Amerika Serikat (AS) , JPMorgan pada pekan ini menghentikan pemrosesan pembayaran untuk Bank Pertanian Rusia. Hal ini disampaikan oleh pihak Rusia pada akhir pekan kemarin, yang menuntut aksi nyata Washington bukan hanya janji untuk membantu biji-bijian dan pupuk Rusia mencapai pasar global.



JPMorgan telah menangani beberapa pembayaran ekspor biji-bijian Rusia selama beberapa bulan terakhir dengan jaminan dari Washington. Namun, kerja sama itu berhenti minggu ini, seperti disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri Rusia.

"Saluran langsung antara Bank Pertanian Rusia dan JPMorgan ... ditutup pada 2 Agustus," kata juru bicara kementerian luar negeri Maria Zakharova seperti dikutip oleh media Rusia.

PBB, Departemen Luar Negeri AS dan JPMorgan menolak berkomentar terkait hal ini seperti dilansir Reuters.

Seperti diketahui Moskow telah mengizinkan ekspor biji-bijian Ukraina melalui Laut Hitam selama setahun terakhir di bawah kesepakatan yang dihentikannya pada 17 Juli 2023, lalu. Rusia memiliki daftar tuntutan yang ingin dipenuhi sebelum kembali ke perjanjian.

Di bawah pakta terkait - yang juga ditengahi pada Juli 2022 - para pejabat PBB setuju untuk membantu ekspor makanan dan pupuk Rusia mencapai pasar global. "Segera setelah ini selesai, kesepakatan ini akan segera diperbarui," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan, Jumat.

Permintaan utama Rusia adalah penyambungan kembali Bank Pertanian Rusia ke sistem pembayaran internasional SWIFT yang sempat terputus oleh Uni Eropa pada Juni 2022 setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Zakharov, juru bicara kementerian luar negeri, mengatakan Barat dan PBB "mencoba memberikan (pemrosesan pembayaran oleh JPMorgan) sebagai alternatif yang berfungsi untuk SWIFT."

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan, kepada wartawan pada hari Kamis bahwa, Washington akan terus melakukan "apa pun yang diperlukan" untuk memastikan Rusia dapat dengan bebas mengekspor makanan jika kesepakatan biji-bijian Laut Hitam dihidupkan kembali.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1797 seconds (0.1#10.140)