Resmi Melantai di Bursa, ERAL Raup Dana Segar Rp404 Miliar

Selasa, 08 Agustus 2023 - 18:50 WIB
loading...
Resmi Melantai di Bursa, ERAL Raup Dana Segar Rp404 Miliar
PT Sinar Eka Selaras Tbk (ERAL) melakukan pencatatan saham di BEI pada 8 Agustus 2023 melalui initial public offering (IPO). Dalam aksi korporasi ini, perseroan berhasil meraup dana segar Rp404,6 M. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Sinar Eka Selaras Tbk (ERAL) telah melakukan pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 8 Agustus 2023 melalui initial public offering ( IPO ). Dalam aksi korporasi ini, perseroan berhasil meraup dana segar dari pasar modal sebanyak Rp404,6 miliar melalui penerbitan 1,037 miliar saham baru di bursa.



Sebagai emiten yang masih terafiliasi dengan Erajaya Group , ERAL memiliki ekosistem bisnis yang cukup luas. Hal itu sekaligus menjadi faktor pendukung utama terhadap kesuksesan bisnis perseroan, yang bergerak di bidang penyedia solusi ritel dan distribusi multi brand terkemuka di Indonesia.



Hal itu pula yang menarik minat investor terhadap saham ERAL yang dicatatkan di bursa, terlihat dari tingginya minat selama masa penawaran umum, sehingga mengalami kelebihan permintaan atau oversubscribed sebanyak 56,64 kali.

Perseroan telah menetapkan harga IPO saham ERAL pada Rp390 per saham dari kisaran awal antara Rp370 - Rp410 per saham. Dari dana yang diperoleh, sekitar 37% akan digunakan untuk ekspansi bisnis eksisting. Kemudian sekitar 13,75% akan digunakan untuk untuk mendukung ekspansi bisnis baru. Selebihnya sebesar 49,25% digunakan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja Perseroan.

“Perseroan hadir untuk memanfaatkan potensi besar dari sektor ritel gaya hidup yang terus berkembang di Indonesia. Ditambah lagi kegiatan konsumsi merupakan penopang terbesar untuk pertumbuhan ekonomi nasional hingga saat ini," ujar Direktur Utama PT Sinar Eka Selaras Tbk (ERAL), Djohan Sutanto.

Dalam aksi korporasi ini, ERAL dibantu oleh PT BNI Sekuritas dan PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia. Setelah IPO, komposisi pemegang saham ERAL menjadi PT Erajaya Swasembada Tbk 79,9998%, masyarakat 19,9764%, Employee Stock Allocation (ESA) 0,0236%, dan Jemmy Hady Wijaya 0,0002%.

Komitmen Mengembangkan Bisnis

Djohan mengemukakan, “Bermodalkan pengalaman di sektor ritel serta dukungan dari pemegang saham mayoritas, kami terus mengembangkan bisnis dengan memaksimalkan bisnis perusahaan yang sudah berjalan serta menangkap peluang-peluang baru di masa mendatang.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2297 seconds (0.1#10.140)