Wall Street Ditutup Melemah, Penjualan Ritel Picu Kekhawatiran Suku Bunga

Rabu, 16 Agustus 2023 - 07:08 WIB
loading...
Wall Street Ditutup Melemah, Penjualan Ritel Picu Kekhawatiran Suku Bunga
Wall Street ditutup melemah tajam pada perdagangan Selasa (15/8/2023). FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Wall Street ditutup melemah tajam pada perdagangan Selasa (15/8/2023) waktu setempat, setelah data penjualan ritel yang lebih kuat dari perkiraan memicu kekhawatiran suku bunga tetap lebih tinggi dan lebih lama. Sementara, bank-bank besar AS turun karena laporan bahwa Fitch dapat menurunkan peringkat beberapa pemberi pinjaman.

Mengutip Reuters, S&P 500 turun 1,16% untuk mengakhiri sesi di 4.437,86 poin. Indeks S&P 500 ditutup di bawah rata-rata pergerakan 50 hari untuk pertama kalinya sejak Maret.

Nasdaq turun 1,14% menjadi 13.631,05 poin, sementara Dow Jones Industrial Average turun 1,02% menjadi 34.946,39 poin. Laporan Departemen Perdagangan AS menunjukkan penjualan ritel tumbuh 0,7% bulan lalu terhadap ekspektasi kenaikan 0,4% menunjukkan ekonomi AS tetap kuat.



Setelah data tersebut, taruhan para pedagang tentang jeda kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve bulan depan tetap utuh di 89%. Namun, para analis mengatakan para investor khawatir suku bunga dapat bertahan pada level saat ini lebih lama dari yang diantisipasi.

Bank melihat beban penjualan karena investor semakin cemas tentang suku bunga. Kurva imbal hasil Treasury AS telah terbalik selama lebih dari setahun, dengan obligasi jangka panjang menghasilkan kurang dari instrumen utang jangka pendek. Situasi yang terus-menerus ini menekan keuntungan yang dapat diperoleh bank dari pinjaman.

"Kita mungkin akan berakhir dengan kurva imbal hasil terbalik lebih lama dari yang diantisipasi, bahkan jika kita tidak berakhir dengan resesi ekonomi," kata Sam Stovall, kepala strategi investasi di CFRA Research.

"Itu pada akhirnya akan membatasi pinjaman karena bahkan jika Anda adalah saudara ipar saya, saya tidak ingin meminjamkan kepada Anda dengan kerugian."

Volume di bursa AS relatif ringan, dengan 10,1 miliar saham diperdagangkan, dibandingkan dengan rata-rata 10,9 miliar saham selama 20 sesi sebelumnya.

Sebuah laporan mengatakan lembaga pemeringkat Fitch dapat menurunkan peringkat beberapa bank. Saham JPMorgan Chase (JPM.N) turun 2,5%, Bank of America (BAC.N) turun 3,2% dan Wells Fargo (WFC.N) turun 2,3%.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1765 seconds (0.1#10.140)