Hilirisasi Timah Jadi Strategi MIND ID Wujudkan Indonesia Maju

Rabu, 16 Agustus 2023 - 17:47 WIB
loading...
A A A
Proyek ini ditargetkan rampung pada Januari 2024. Selanjutnya pada April 2024, pabrik tersebut dijadwalkan akan mulai beroperasi secara komersial.

Pabrik tersebut menggunakan teknologi dari Prancis dengan perusahaan Innovative Materials and Technologies (IMT) France Sarl. Teknologi yang diterapkan ini dapat memproduksi hingga tingkat kehalusan yang tinggi mencapai tipe 5 dan 6.

Rencananya, pabrik tin solder powder akan memiliki kapasitas produksi 100 ton per tahun. Produksi tersebut menggunakan dua jalur produksi yang ada dan memiliki bangunan tersendiri dari produk lainnya.

Hingga saat ini, PT Timah Industri sudah mengekspor ke Amerika, India, Cina, Taiwan dan beberapa negara Eropa untuk memenuhi kebutuhan pasar tin chemical dan tin solder hingga tin one pack. Selain itu, PT Timah Industri juga sudah memiliki calon pembeli untuk tin solder powder yang berasal dari dalam dan luar negeri.

PT Timah Tbk juga turut mewujudkan program hilirisasi melalui penggunaan teknologi terbaru dalam pengolahan komoditas timah. Teknologi tersebut bernama peleburan Top Submerge Lance (TSL) Ausmelt Furnace.

TSL Ausmelt Furnace merupakan babak baru transformasi teknologi dalam pengolahan timah. Teknologi ini menjadi strategi PT Timah Tbk untuk menjawab tantangan yang dihadapi industri pertambangan timah saat ini, khususnya dalam memaksimalkan konsentrat timah kadar rendah.



Fasilitas TSL Ausmelt Furnace mampu mengolah konsentrat bijih timah dengan kadar rendah mulai dari 40%. Kapasitas produksinya mencapai 40.000 ton crude tin per tahun atau 35.000 metrik ton ingot per tahun.

(uka)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1494 seconds (0.1#10.140)