Modi: Ekonomi India Akan Berada di Antara 3 Besar Dunia dalam 5 Tahun

Minggu, 20 Agustus 2023 - 18:43 WIB
loading...
Modi: Ekonomi India Akan Berada di Antara 3 Besar Dunia dalam 5 Tahun
Perdana Menteri atau PM India, Narendra Modi mengatakan, ekonomi India akan berada di antara tiga besar di dunia dalam waktu lima tahun. Foto/Dok
A A A
NEW DELHI - Perdana Menteri atau PM India, Narendra Modi mengatakan, ekonomi India akan berada di antara tiga besar di dunia dalam waktu lima tahun. Hal itu Ia sampaikan saat menandai 76 tahun kemerdekaan India dari pemerintahan Inggris, beberapa waktu lalu.



Mengenakan sorban multi-warna, Modi berpidato di Mughal-era Red Fort abad ke-17 di New Delhi, dimana Ia mengatakan, pemerintahnya telah mengangkat lebih dari 130 juta orang keluar dari kemiskinan dan bahwa kemakmuran India yang tumbuh adalah peluang bagi dunia.

"Ketika kemiskinan menurun di suatu negara, kekuatan kelas menengah meningkat pesat. Dalam lima tahun ke depan, saya berjanji India akan berada di antara tiga ekonomi teratas di dunia," katanya.



Pernyataan Modi terlontar, setelah tahun lalu laporan dari S&P Global dan Morgan Stanley memperkirakan bahwa ekonomi India akan menyalip Jepang dan Jerman untuk menjadi yang terbesar ketiga di dunia pada tahun 2030. Mereka mengatakan ledakan ekonomi India akan didorong oleh offshoring, investasi di bidang manufaktur, pertumbuhan infrastruktur digital dan transisi energi.

Ekonomi India senilai USD3,5 triliun telah mampu melewati Inggris tahun lalu untuk menjadi yang terbesar kelima. Modi mengatakan, dia yakin bahwa ketika India menandai 100 tahun kemerdekaan pada tahun 2047, India akan melakukannya sebagai negara maju.

Pemerintah memperkirakan, ekonomi India akan tumbuh sebesar 6-6,5% tahun ini, menempatkannya di antara ekonomi besar dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Akan tetapi, meskipun pertumbuhan ekonomi terbilang stabil, pemerintahan Modi telah berjuang untuk meredam kekhawatiran terjadinya lonjakan pengangguran.

Kondisi tersebut membuat pemerintah Modi berada di bawah tekanan untuk menghasilkan lapangan pekerjaan yang cukup, terutama menjelang pemilihan umum pada tahun 2024, di mana Partai nasionalis Hindu Bharatiya Janata disukai untuk menang.

Tingkat pengangguran di India dilaporkan telah tumbuh selama setahun terakhir, mencapai 8% bulan lalu, menurut Pusat Pemantauan Ekonomi India.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1080 seconds (0.1#10.140)